Berbagai Persiapan Dilakukan Calon Jamaah Haji Tahun 2023

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Calon Jamaah Haji di 2023 telah mempersiapkan segala sesuatunya menjelang keberangkatannya ke Tanah Suci Mekah, diantaranya, tes kesehatan yang menjadi syarat utama.

Kepala UPTD Laboratorium Kesehatan Kudus Heri Akhiri Riyanto menjelaskan, adapun tempat yang dipimpinnya itu juga menjadi pemeriksaan tes kesehatan calon jamaah haji 2023.

“UPTD Labkes menjadi tempat bagi para calon jamaah haji untuk mengetes kesehatan mereka yang dibagi per kecamatan,” ungkapnya kepada Samin News.

Lebih lanjut, untuk pemeriksaan kesehatan jamaah haji diantaranya ada, Gula Darah Puasa, Kolestrol, Triglicerit, Asam Urat, SGOT/SGPT, Golongan Darah, Urine Lengkap, Hematologi Analizer, dan LED.

“Kegiatan ini sudah dimulai sejak 27 Februari hingga 13 Maret 2023,” bebernya.

Untuk waktu yang sudah ditentukan tersebut sudah terjadwal sesuai wilayah di puskesmasnya masing-masing. Lalu total calon jamaah haji pada Selasa sebanyak 105 di Tanjung Rejo dan Purwosari.

Lalu pada Rabu sebanyak 117 di wilayah Ngemplak dan Jati, untuk Kamis Dawe dan Rejosari sebanyak 130, hari Jumat sebanyak 53 di Mejobo, untuk Sabtu sebanyak 59 di Jepang, Senin Gribig dan Gondosari 119.

“Sidorekso dan Kaliwungu di hari Rabu 96, Kamis Wergu Wetan dan Rendeng 115, Bae pada Jumat 82, Senin per tanggal 6 Dersalam dan Ngembal 122, Selasa Undaan 138,” bebernya.

Foto: Peserta calon jamaah haji yang sedang mengecek kesehatan di Labkesda Kudus
Foto: Peserta calon jamaah haji yang sedang mengecek kesehatan di Labkesda Kudus

Dia menambahkan, ada juga calon jamaah haji yang tidak bisa hadir sepenuhnya sebab cuaca di Kabupaten Kudus dilanda cuaca yang tidak menentu. Untuk targetnya ada yang per hari baru bisa hadir 80 an.

Sementara itu untuk mekanisme yang dijalani sebenarnya dimulai dari puskesmas, kemudian puskesmas mengantar datanya ke pihak Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda).

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Anggota DPR RI Arwani Thomafi (hitam) saat menyusuri pemukiman warga Dukuh Guyangan, Desa Purworejo menyalurkan Bansos Previous post Arwani Thomafi Salurkan Sembako bagi Korban Banjir Pati
Foto: Disdag Kabupaten Kudus saat memberikan sosialisasi ke para pedagang Next post Dinas Perdagangan Kudus Gelar Sosialisasi untuk Pedagang Jelang Even Dandangan
Social profiles