Asah Kreativitas Guru Raudhatul Athfal Dalam Menyambut Kurikulum Merdeka

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Dalam menyambut Kurikulum Merdeka, Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kabupaten Kudus mengelar workshop yang bertujuan untuk mengasah kreativitas 256 Guru RA. Kegiatan tersebut bertema ‘Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Menyenangkan Melalui Seni Gerak, Lagu Anak Tematik Motorik, Steam dan Loose Part, bertempat di Gedung Serba Guna Graha Idola Gebog.

Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Salma Munawwaroh menyebut, kegiatan itu juga diikuti oleh Ceria Bocah Indonesia (CBI) dan IGRA Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, untuk mengajarkan guru agar memiliki kreativitas. Bahkan dituntut untuk menampilkan lagu anak dengan bermain sambil bernyanyi dan memunculkan seni gerak agar membuat pembelajaran semakin lebih efektif.

“Diharapkan para guru dapat berkreasi seperti menciptakan lagu dengan gerakannya, walaupun dengan sederhana. Mengingat KM tersebut dituntut tidak hanya menunggu instruksi. Tapi harus juga memiliki kreasi tersendiri,” ungkapnya.

Ketua IGRA Kabupaten Kudus Amalina melalui sekretarisnya Rohmah Alina menjelaskan, workshop ini akan sangat berguna untuk para guru dalam memberikan pelajaran yang lebih menyenangkan dan kreatif. Serta dapat menciptakan lagunya sendiri.

“Pelatihannya dari disini, tapi lagu yang dibuatnya nanti juga dilakukan dengan gerakan-gerakan yang dikembangkan disekolah,” imbuhnya.

Sementara itu untuk Raudhatul Athfal yang setingkat dengan TK, untuk anak usia 0-6 tahun akan memakai metode bernyanyi dan belajar. Hal itu bertujuan untuk mudah dalam menerima pemahaman dan belajar memahami hal sesuatu.

“Anak itu akan sangat mudah memahami ketika mendapat lagu yang dibarengi dengan gerakan,” tuturnya.

“Lalu untuk kegiatannya mengajarkan cara bernyanyi dengan gerakan tubuh dan gerakan tangan agar lebih mudah dipahami, mudah diterima anak dan sangat menyenangkan,” sambungnya.

Foto: Workshop bersama 256 guru yang digelar di Gedung Serba Guna Graha Idola Kecamatan Gebog Kudus
Foto: Workshop bersama 256 guru yang digelar di Gedung Serba Guna Graha Idola Kecamatan Gebog Kudus

Ceria Bocah Indonesia (CBI) Yogyakarta Agus Sukarno menjelaskan, bahwa workshop yang digelar ini berguna untuk para guru RA agar dapat bermain dengan anak-anak dalam menggunakan gerakan lagu tematik. Untuk lagu tematik itu didapatkan dari tema terdekat, Aku Hamba Allah, kemudian keluargaku, lingkunganku sampai yang terjauh adalah negaraku.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Previous post Panwascam di Kudus Diberi Pelatihan Menulis Berita dan Mengambil Foto Dengan Baik
Next post Aksi Pebulutangkis Cilik di Ajang Yuzu Simpang Tujuh Master XII 2023 Pukau Penonton
Social profiles