13 Maret Banjir Masih Rendam Sejumlah Kecamatan di Pati

Banjir merendam di salah satu desa di Kabupaten Pati

SAMIN-NEWS.com, PATI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati melaporkan masih ada puluhan desa sejumlah wilayah masih tergenang banjir. Berdasarkan data pada 13 Maret 2023 terjadi di wilayah Kecamatan Gabus, Kayen, Jakenan, Pati, Dukuhseti, Sukolilo, Juwana.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Pati, Martinus Budi Prasetya mengatakan, banjir tersebut disebabkan intensitas hujan tinggi. Kemudian hal itu berdampak pada Daerah Aliran Sungai (DAS) tak mampu menampung debit air dan naik ke permukaan.

“Hujan intensitas sedang sampai tinggi dan cuaca yang sangat ekstrim di wilayah Pati mengakibatkan DAS di sejumlah sungai di Pati tidak mampu menampung debit air hujan dan meluap menggenangi beberapa kecamatan,” katanya berdasarkan laporan tersebut.

Desa Banjarsari Kecamatan Gabus banjir merendam sebanyak 235 rumah dengan ketinggian sekitar 30 cm – 60 cm sedangkan 888 jiwa terdampak banjir.
Desa Ngastorejo Kecamatan Jakenan banjir menyebabkan sejumlah 248 rumah dengan ketinggian air antara 5 – 80 cm dan 790 jiwa terdampak.

Selain itu, banjir juga masih merendam di Kecamatan Juwana. Di antaranya adalah Desa Doropayung yang dilaporkan pada 08.00 WIB banjir menyebabkan 38 rumah terendam terdiri dari 48 KK dengan jumlah jiwa 148 jiwa. Ketinggian air dalam rumah antara 10- 15 cm.

Kendati demikian, dilaporkan juga banjir sudah surut, mulai Desa Bumirejo, Kudukeras, Karangrejo, Growong Kidul, Bendar, Tluwah, Mintomulyo, Gadingrejo, Margomulyo, Jepuro, Kedungpancing, Bajomulyo dan Pajeksan.

Sementara wilayah lain yang sebelumnya tendangan banjir namun dilaporkan sudah surut, yaitu di Kecamatan Margoyoso dilaporkan sudah surut pada 5 Maret dan sehari sebelumnya 4 Maret Kecamatan Batangan juga surut.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Previous post Polres Kudus Bagikan Jaket Pelampung kepada Pemilik Perahu di Wisata Waduk Logung
Foto: Anak-anak saat sedang mempertontonkan aksinya bermain Bulu Tangkis Next post Siap-siap, Kabupaten Kudus Akan Dimeriahkan Kejuaraan Yuzu Simpang Tujuh Master XII 2023
Social profiles