Kudus Dilanda Banjir Tahunan, Menteri PUPR Turun Tangan

0

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) turun tangan dalam mengatasi banjir tahunan yang melanda di Kabupaten Kudus. Kedatangannya meninjau rumah pompa di Tanggulangin.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, saat ini pihaknya memantau dua tempat yang terkena dampak banjir.

“Banjir Kudus ada dua tempat di sungai wulan dan sekarang ini kita ada di Tanggulangin. 9 km persegi kira kira,” katanya.

Lebih lanjut, menurut Basuki, untuk polder pompa di Tanggulangin saat ini hanya 500 liter perdetik. Sedangkan hitungan menurutnya minimum harus 5000 liter perdetik. Agar banjir secepatnya segera surut.

“Tahap pompa saat ini hanya 500 liter perdetik. Sementara hitungan kami minimum 5000 liter perdetik. Supaya banjirnya tidak lama atau cepat kering,” bebernya.

Namun nantinya, lanjut Basuki, jembatan Tanggulangin ini akan di bongkar dan ditingkatkan menjadi 5 meter kubik perdetik tahun ini. Kemudian ia meminta untuk masyarakat setempat agar bisa diajak kerjasama.

“Jembatan Tanggulangin mau di upgrade dan dibongkar untuk ditingkatkan menjadi 5 meter kubik perdetik tahun ini. Tolong kerja samanya untuk masyarakat,” jelasnya.

Basuki menyebut, jika hal tersebut tidak dilakukan perbaikan segera, maka ia merasa malu jika masyarakat setempat masih mengalami kebanjiran. “Saya malu kalau mereka kebanjiran terus,” ungkapnya.

“Saya datang disini, karena ingin mencari solusi untuk masyarakat kecamatan Jati Kudus yang sudah 14 hari kebanjiran,” tambahnya.

Bersama elemen lainnya, dia berharap agar secepatnya bisa mengerjakan permasalahan tersebut dan secepatnya untuk segera ditangani.

“Mudah-mudahan akan kami segera kerjakan dan bisa menangani yang disini (Jati),” terangnya.

“Untuk tanggul yang kritis kami akan menormalisasi di sungai wulan untuk tahun ini. Termasuk Serang Wulan Drainase (SWD) 1 dan 2 yang menjadi banjir dibagian barat,” sambungnya.

Basuki menambahkan, untuk sungai area Juwana saat ini sudah dikerjakan normalisasinya dan juga pembangunan bendung karet Juwana.

“Kali Wulan 47 kilo sudah diprogramkan.
Untuk Anggaran 1,4 trilliun. Sedangkan, bendung karet Rp 230 milliar yang sudah dikerjakan dan kontrak,” tuturnya.

Tampak Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama jajaran PUPR Kabupaten Kudus sedang berada di area jembatan Tanggulangin
Tampak Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama jajaran PUPR Kabupaten Kudus sedang berada di area jembatan Tanggulangin

“Normalisasi SWD 1 sudah dikerjakan dari 30 kilo, saat ini 10 kilo. SWD 23 kilo yang baru dikerjakan 7 kilo. Mudah-mudahan dengan itu bisa ditangani,” pungkasnya