Mobilitas Penumpang di Terminal Kembangjoyo Naik 10 Persen

SAMIN-NEWS.com, PATI – Momentum libur panjang nasional, Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) membuat pergerakan di Terminal Kembangjoyo naik. Baik aktivitas datang maupun pergi penumpang yang menggunakan jalur darat di terminal.

Korlap UPT Terminal Kembangjoyo Pati, Hafid menyatakan saat libur Nataru dan ditambah lagi dengan libur sekolah berdampak pada kenaikan penumpang. Libur panjang ini dimanfaatkan masyarakat untuk berkumpul bersama sanak keluarga.

“Adapun kenaikan penumpang di Kembangjoyo ada 10 persen dari tahun sebelumnya. Kalau pun turun itu ndak mungkin. Karena Covid-19 sudah melandai. Apalagi ada libur panjang libur Nataru dan berbarengan libur sekolah,” katanya, Rabu (28/12/2022).

Dengan kenaikan penumpang di Terminal Kembangjoyo ini, selanjutnya berpengaruh pada perusahaan transportasi. Di antaranya yaitu bagi baik bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) maupun bagi angkutan desa.

Menurut Hafid, transportasi yang keluar masuk di Terminal Kembangjoyo hampir mencapai 100 angkutan. Padahal sebelumnya di hari-hari biasa tidak sampai mencapai angka ini. Begitu juga dengan penumpang tiap harinya lebih dari 1000-an mobilitas masyarakat baik yang datang maupun yang pergi.

“Jumlah penumpang setiap harinya momen libur Nataru ini rata-rata 650 orang yang datang. Sementara yang berangkat dari terminal (Kembangjoyo) rata-rata tiap harinya berjumlah 980 penumpang. Adapun untuk kendaraan rata-rata yang masuk dalam sehari ada 90-an,” jelasnya.

Dia menambahkan, sebelumnya di Terminal Kembangjoyo dilakukan ramp check bagi angkutan. Termasuk ada pelayanan swab dan tes kesehatan bagi pengguna terminal. Ini dilakukan dalam rangka memberikan pelayanan pada momen Nataru.

“Kemarin dilakukan tes swab, tes urin bagi sopir dan tes kesehatan bagi penumpang menghadapi Nataru. Kemarin ada petugas dari Dinkes, Jasa Raharja, Dokkes, alhamdulillah dari hasil kegiatan semuanya negatif,” pungkasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Penampakan Progres Pembangunan Gedung IBS RSUD dr Loekmono Hadi Kudus Previous post Awal Tahun 2023, Gedung IBS RSUD dr Loekmono Hadi Siap Digunakan
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati Aviani Tritanti Venusia Next post Dinkes Lakukan Tes VCT Tekan HIV-AIDS
Social profiles