Disdikpora Kudus Umumkan Sekolah Lolos Intervensi Keamanan PJAS

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Kudus Anggun Nugraha saat ditemui di Ruangannya

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus mengumumkan delapan sekolah yang lolos Intervensi Keamanan dan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Kamis (8/12/2022).

Disdikpora melalui Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Anggun Nugraha mengatakan, ada delapan sekolah yang diumumkan lolos dari BPOM. Diantaranya, SDIT Al Islam, MI Muhammadiyah Al Tanbih dan MI NU Imanuddin.

“Tidak hanya itu, ada juga SMP 1 Jati, SMP 1 Bae, SMP NU Al Ma’ruf, MTs Negeri 1 Kudus, serta SMA 1 Mejobo,” tuturnya.

Adapun delapan sekolah itu telah mendapatkan Sertifikat Sekolah dengan PJAS Aman tahun 2022 dan Pengawalan Sekolah Intervensi tahun 2020-2021 oleh Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Hotel Grasia Semarang kemarin Selasa (6/12).

“Dari delapan sekolah itu, telah mendapatkan sertifikat sekolah dengan PJAS aman tahun 2022,” kata dia.

Sebelumnya, kata Anggun, delapan sekolah itu telah juga mendapatkan pelatihan dari BPOM. Ditambah ada juga sosialisasi tentang pendaftaran sekolah dengan PJAS dari BPOM yang dilakukan individu disetiap masing-masing sekolah.

“Dinas hanya mendukung di bagian administrasi yang mungkin dibutuhkan sekolah untuk kelengkapan data. Dan memang itu semua hasil dari jerih payah sekolah sendiri,” katanya.

Tahapan telah dilalui terkait Intervensi Keamanan dan PJAS seperti, Pemberian Paket Edukasi/Produk Informasi Keamanan Pangan, Monitoring Pemberdayaan Kader Keamanan Pangan Sekolah, Sertifikat Sekolah dengan PJAS Aman, advokasi lintas sektor, pemetaan kantin sekolah, sosialisasi dan Bimbingan Teknis Keamanan Pangan.

Akhsanulkhaq selaku Kepala SMP 1 Bae Kudus, bangga atas prestasi yang diraih pihaknya. Hal itu tentunya akan menjadi semangat dan motivasi dalam pengembangan sekolah. Serta untuk meningkatkan komitmen sekolah dalam menciptakan lingkungan yang sehat dan aman bagi siswa.

“Sesuai arah BPOM, prestasi ini akan menjadi semangat bagi kami untuk menciptakan kantin sekolah yang baik yang sesuai dengan pengelolaan,” pungkasnya.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Previous post 22 Perda Disahkan Gubernur Jateng, Pemkab Kudus Kok Belum?
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Kudus Tri Erna saat mendampingi Masan dan Hartopo di Ruang Paripurna Next post Pemilu 2024, Partai Golkar Target Raih Sembilan Kursi DPRD Kudus
Social profiles