697 Kasus DBD di Pati, 6 di Antaranya Meninggal

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati Aviani Tritanti Venusia

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sedikitnya terdapat 697 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Pati. Dari jumlah tersebut 6 di antaranya meninggal dunia. Hal itu berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) per November 2022.

Kepala Dinkes Pati, Aviani Tritanti Venusia menyebut di tahun 2022 ini kasus DBD cukup tinggi. Di antara penyebabnya adalah air hujan yang tidak bisa mengalir. Akibatnya air hujan tertampung yang menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti.

“Berdasarkan data sampai November 697 kasus (DBD). Yang meninggal 6 orang, 2 laki-laki 4 perempuan. Tersebar di semua kecamatan. Adapun yang paling tinggi yaitu di puskesmas Juwana ada 90 kasus,” ucap Aviani dalam rekaman yang ditulis Kamis (29/12/2022).

Berikutnya Kecamatan Kayen sebanyak 68 kasus, Puskesmas Margoyoso II dan Dukuhseti ada 60 kasus. Lalu Puskesmas Tayu I terdapat 52 kasus.

Sementara itu, lanjut dia berdasarkan grafik kasus DBD di Kabupaten Pati terbanyak terjadi pada bulan Agustus sebanyak 115 kasus. Di susul bulan Januari dan Mei masing-masing 85 kasus. Kemudian di bulan Juli 72 dan Oktober 70 kasus.

“Nyamuk Aedes ini berkembang biak di air yang tergenang dan tertampung yang tidak bersentuhan langsung dengan tanah. Meskipun air bersih, tetapi itu tetap menjadi perkembangbiakan nyamuk karena menggenang,” jelasnya.

Menurut dia, kasus DBD ini banyak menular ke anak-anak. Pasalnya, bagi usia anak ini cenderung tidak banyak melakukan aktivitas. Di samping itu faktornya adalah tidur di pagi hari yang membuat imun tubuh melemah.

Untuk mengatasi DBD, Aviani telah melakukan langkah-langkah dengan memberikan edukasi serta sosialisasi kepada masyarakat. Berbeda halnya dengan foging. Untuk sekarang ini sudah mulai dikurangi.

Sekarang agak kita kurangi, bukannya kita tidak memenuhi kebutuhan masyarakat. Namun itu kurang efektif. Kita programnya melalui Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Lalu ada juga SikatWae (Siaga Masyarakat Waspada Aedes Aegypti) yang sudah ada Perbupnya,” tandasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Pemuda Berinisial ‘AB’ Asal Kudus Tega Hilangkan Nyawa Ibu Kandungnya
Hardi (kiri) yang saat ini menjabat Ketua DPC Gerindra mendaftar Bacaleg di kantor setempat Next post DPC Partai Gerindra Pati Buka Pendaftaran Bacaleg
Social profiles