Terima Bankeu Rp 1,154 Milliar, Parpol Kudus Diminta Adakan Pendidikan Politik

0

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Sepuluh partai politik di Kabupaten Kudus telah menerima Bantuan Keuangan senilai Rp 1,154 Milliar. Diantaranya, PDIP, PKB, Gerindra, Golkar, PKS, Nasdem, PAN, PPP, Hanura, Demokrat. Pasca menerima Bankeu, Hartopo berharap, parpol di Kudus segera mengadakan pendidikan politik, Rabu (30/11/2022).

Bupati Kudus Hartopo mengatakan, penyerahan bankeu partai politik tahap II senilai Rp 1,154 milliar. Dari bantuan itu ia meminta kepada parpol di Kudus untuk mengadakan pendidikan dan wawasan kebangsaan yang menyasar ke masyarakat pemilih pemula.

“Pendidikan politik harus digalakkan. Untuk setiap parpol harus mengadakan wawasan kebangsaan yang menyasar ke masyarakat pemilih pemula,” tuturnya.

Selain itu, dihadapan perwakilan parpol ia menyampaikan agar bibit disintegrasi juga harus dicegah secara bersama supaya masyarakat di Kudus tetap harmonis walaupun memiliki pilihan yang berbeda. Mengingat banyak disintegrasi yang menyebar melalui online maupun offline.

Untuk itu, Hartopo memiliki rencana akan keliling Kabupaten Kudus dalam memberikan pendidikan politik ke siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) sebagai upaya mencegah disintegrasi dan menjaga kekondusifan menjelang tahun pemilu.

“Jelang tahun politik ini diharapkan seluruh elemen masyarakat diharapkan menjaga kondusifitas. Jangan sampai mengeluarkan hal yang tidak baik. Dan budaya jelek ditinggal,” jelasnya.

Hartopo juga berpesan agar anggaran yang diberikan bisa digunakan sebaik mungkin dan bermanfaat dalam menggunakan operasional partai. “Saya titip pesan untuk anggaran bisa digunakan sebaik mungkin, yang berguna untuk kebutuhan partai,” ujarnya.

Kepala Kesbangpol Kudus Muhammad Fitriyanto mengatakan, terkait dana Bankeu tersebut partai politik diberikan kewenangan dalam menggunakan anggaran yang telah diterimanya.

“Parpol diberikan kewenangan untuk menggunakan anggarannya. Bisa digunakan menggelar pendidikan politik dan menunjang program kerja partai,” katanya.

Perwakilan Partai Politik di Kudus terima Bankeu bertempat di Ruang Pringitan Pendopo Kabupaten
Perwakilan Partai Politik di Kudus terima Bankeu bertempat di Ruang Pringitan Pendopo Kabupaten

Fitriyanto melanjutkan, adapun rincian penerima Bankeu sepuluh partai politik tahap II yang diberikan Pemkab Kudus.

“Untuk PDIP Rp 210.869.050 milliar, PKB Rp 185.612.000 milliar, Gerindra Rp 174.555.150 milliar, Golkar Rp 153.274.450 milliar, PKS Rp 84.630.350 juta, Nasdem Rp 83.956.600 juta, PAN Rp 73.852.800 juta, PPP Rp 70.996.100 juta, Hanura Rp 67.463.200 juta, dan terakhir Partai Demokrat Rp 49.247.450 juta,” pungkasnya.