Organisasi Perangkat Daerah di Kudus Diminta Untuk Tingkatkan Pelayanan Publik

0
Kegiatan Bimtek Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik yang digelar di Hotel Hom Kudus
Kegiatan Bimtek Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik yang digelar di Hotel Hom Kudus

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Pemerintah Kabupaten Kudus melalui Bupati Hartopo meminta untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk meningkatkan pelayanan publik. Mengingat banyak masyarakat yang mengeluhkan terkait hal itu, Rabu (16/11/2022).

Dalam kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dan Pengelolaan Pengaduan yang digelar di Hotel Hom, Bupati Hartopo mengatakan, gelaran kali ini jangan hanya dianggap seremonial semata.

“Dalam meningkatkan pelayanan publik perlunya inovasi dan kreasi dari semua jajaran terkait. Jangan stagnan, dan ini jangan dianggap seremoni. Harus betul riil dalam melayani publik,” tuturnya.

Peningkatan pelayanan publik tersebut merupakan pekerjaan rumah bagi dirinya dan OPD lainnya untuk selalu mengoptimalkan hal tersebut. Jangan hanya formalitas saja dan harus segera dieksekusi.

“Pemahaman ini harus di sosialisasikan untuk jajaran kebawah dan harus paham. Untuk itu, pelayanan ini jangan sampai tambah buruk,” terangnya.

Lebih lanjut, untuk sumber daya manusianya juga harus dipersiapkan dengan matang terutama di pelayanan DPMPTSP terkait ijin yang lain. Sinergitas dengan dinas terkait harus memiliki komunikasi yang baik.

“Kerja nyata ini harus digalangkan.Kita harus fokus terhadap pelayanan atau perlu melakukan jemput bola. Serta perlu membangun komitmen untuk meningkatkan pelayanan publik,” tuturnya.

Orang nomor satu di Kudus itu juga meminta kepada OPD terkait untuk turun lapangan dan mengecek kondisi pelayanan publik yang dipimpinnya.

Sementara itu, Asisten Setda Umum Kabupaten Kudus Mas’ud mengatakan dalam keluhan masyarakat terkait pelayanan publik itu harus diatasi dan bertanggung jawab bersama. Agar menghasilkan pelayanan publik yang prima.

“Namun hal tersebut harus didukung tata kelola yang cepat dan sdm yang berkualitas,” pungkasnya.