Awal Desember DKP Salurkan Dua Jenis Bantuan

0
Jabatan Fungsional Pengelola Produksi Perikanan Tangkap DKP Pati, Taryadi
Jabatan Fungsional Pengelola Produksi Perikanan Tangkap DKP Pati, Taryadi

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pati rencananya akan menyalurkan dua jenis bantuan sosial. Bansos tersebut disalurkan akibat dari naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi pada awal September 2022 lalu.

Kedua Bansos tersebut, yaitu pertama bantuan berupa BBM dan kedua bantuan dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM.

Kepala DKP melalui Jabatan Fungsional Pengelola Produksi Perikanan Tangkap, Taryadi menjelaskan, masing-masing Bansos tersebut disalurkan pemerintah untuk mengendalikan inflasi dampak dari naiknya harga BBM subsidi.

“(pertama) bantuan BBM, ini bantuan untuk antisipasi inflasi kenaikan harga bbm kemarin. Bantuan ini bersumber dari provinsi Jawa Tengah,” ucap Taryadi kepada wartawan di kantor DPRD, Rabu (23/11/2022).

Dia menjelaskan sasaran bantuan BBM yaitu diperuntukkan bagi para pemilik perahu atau kapal di bawah 10 GT. Adapun pemilik kapal kecil tersebut jumlah yang dikantongi adalah sebanyak 1.718 penerima.

Nantinya masing-masing penerima akan mendapat 48,5 liter. Untuk saat ini, kata dia DKP baru persiapan proses. Rencananya di awal Desember akan didistribusikan.

Taryadi melanjutkan, bantuan kedua yaitu BLT BBM yang sumbernya dari APBD Kabupaten Pati. Tujuannya sama untuk mengendalikan inflasi dari dampak kenaikan harga bbm. Rencananya juga akan disalurkan awal Desember.

“Adapun jumlah penerima bantuan BLT 3.398 orang, masing-masing akan mendapatkan bantuan dengan nominal Rp 450 ribu. Proses pencairan melalui Bank Jateng,” pungkasnya.