DPRD Kabupaten Pati Ditetapkan 50 Kursi

0

SAMIN-NEWS.com, PATI – Alokasi kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati untuk Pileg 2024 mendatang sudah ditetapkan. Adapun jumlahnya masih sama dengan pemilihan sebelumnya yaitu sebanyak 50 anggota.

Hal itu diketahui saat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati menggelar rapat koordinasi penetapan Daerah Pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi DPRD kabupaten di Hotel New Merdeka, Rabu (23/11/2022).

“Data dari Kemendagri sudah kita terima, jumlah kursi DPRD di Kabupaten Pati ditetapkan 50 kursi,” ucap Ketua KPU Pati, Imbang Setiawan dalam sambutannya.

Dirinya mengaku alokasi kursi DPRD Kabupaten Pati masih tetap. Kendati diakuinya di kabupaten lainnya ada yang mengalami peningkatan jumlah kursi. Menurutnya, perbedaan jumlah tersebut lantaran peraturan di tiap kabupaten/kota yang berbeda.

Kemudian rakor itu selain penetapan jumlah kursi DPRD. Juga membahas kaitannya dengan Daerah Pemilihan (Dapil). Penetapan Dapil ini untuk DPR RI, beserta DPRD Provinsi Jawa Tengah.

“Dapil untuk Kabupaten Pati dalam DPR RI dan DPRD provinsi Jawa tengah sudah ditetapkan. Untuk DPR RI, Pati masuk Jawa Tengah III bersama Rembang, Blora, dan Grobogan. Sedangkan untuk DPRD Provinsi berada di wilayah Jateng VI bersama Kabupaten Rembang,” jelasnya.

Ketua KPU Pati, Imbang Setiawan saat sambutan dalam kegiatan rakor penyusunan Dapil dan alokasi kursi DPRD Pati, Rabu (23/11/2022)
Ketua KPU Pati, Imbang Setiawan saat sambutan dalam kegiatan rakor penyusunan Dapil dan alokasi kursi DPRD Pati, Rabu (23/11/2022)

Sedangkan Penjabat (Pj) Bupati Pati Henggar Budi Anggoro setelah penetapan Dapil dan alokasi kursi DPRD itu nantinya agar ditindaklanjuti sebagaimana mestinya oleh penyelenggara pemilu bersama pihak pengawas pemilu.

“Alokasi kursi DPRD Kabupaten Pati sudah mendapatkan data validnya artinya sudah ditetapkan. Olehnya di kemudian hari jangan sampai muncul permasalahan,” ucapnya.