Water Boom akan Diresmikan Pemdes Langse Tahun Depan

0
Berlangsung, Kades Langse, Amrudin menjelaskan perencanaan pembangunan desa untuk tahun 2023
Berlangsung, Kades Langse, Amrudin menjelaskan perencanaan pembangunan desa untuk tahun 2023

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah Desa (Pemdes) Langse, Kecamatan Margorejo, Pati mengadakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) di Aula balaidesa setempat, Rabu (25/10/2022) malam. Acara ini dihadiri oleh jajaran Forkopimcam, Camat Margorejo, Kapolsek, Danramil, serta jajaran Lembaga Masyarakat Desa.

Kepala Desa (Kades) Langse Amrudin mengatakan sebelum pelaksanaan Musrenbangdes, dia bersama dengan jajarannya telah membuat gambaran umum sekilas mengenai rencana pembangunan desa tahun 2023.

“Sudah membuat reng-rengan rencana pembangunan, mengacu DD ADD tahun sebelumnya sehingga PAD tidak kejeglong maka perlu estimasi yang matang,” kata Amrudin.

Dirinya menyinggung pembangunan kolam renang yang telah mulai dibangun akan dilanjutkan kembali pada tahun depan. Kolam renang yang dibangun mulai 2019 itu terpaksa belum bisa diresmikan.

“Selain itu, juga melanjutkan pembangunan gazebo, water boom, serta lodji londo sehingga tahun 2023 tahun depan sudah bisa dilaunching. Ini banyak yang menanyakan kapan diresmikan, jadi tahun depan sudah diresmikan,” terangnya.

Adapun rencana biaya yang dianggarkan untuk pembangunan tersebut, dia membuat estimasi total sekitar Rp 400 juta. Menurutnya, pembangunan ini akan mendongkrak pendapatan desa. Di sisi lain, UMKM lokal akan bergeliat seiring dengan banyaknya wisatawan yang datang.

Dalam kesempatan itu, Amrudin juga meminta bagi perangkat dan warganya untuk membantu pembangunan desa. Sebab, dimungkinkan titik-titik tertentu pembangunan tidak bisa dilaksanakan karena faktor kemampuan keuangan desa.

Sementara Camat Margorejo, Aglis Mulyana berharap kegiatan Musrenbangdes Desa Langse berjalan dengan lancar dan sukses seperti apa yang diharapkan. Dia menyebutkan pembangunan desa Langse, bisa meneruskan terhadap visi misi pembangunan yang belum terwujud.

“Membahas Musrenbangdes tahun 2023, karena Pak Inggi adalah orang yang terpilih kembali, jadi bisa saja menyambung visi misi periode sebelumnya yang mungkin belum tersampaikan. Meski DD-nya belum tahu, namun yang penting direncanakan dulu,” jelasnya.

Dia juga mengingatkan untuk tahun 2023, agar dianggarkan penanganan stunting sebab ini merupakan program strategis nasional. Apalagi Desa Langse termasuk salah satu dari tiga desa yang ditetapkan Lokus Stunting di Kecamatan Margorejo.