Kepolisian Sikat Pelajar yang Diduga akan Tawuran

0
Polsek Tlogowungu mengamankan enam pelajar yang diduga akan melakukan aksi tawuran sesama pelajar
Polsek Tlogowungu mengamankan enam pelajar yang diduga akan melakukan aksi tawuran sesama pelajar

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kepolisian menyikat para pelajar SMK yang diduga akan melakukan tawuran di wilayah Kecamatan Tlogowungu, Pati, Selasa (25/10/2022). Sedikitnya 6 pelajar diamankan oleh Polsek Tlogowungu.

Kasi Humas Polres Pati, AKP Pujiati, menjelaskan bermula pihak kepolisian memperoleh informasi terkait adanya rencana tawuran antar pelajar. Setelah itu, kepolisian melakukan penyisiran di sepanjang jalan Perbatasan Wonorejo – Bapoh hingga warung-warung tongkrongan para pelajar.

“Didapati segerombolan pelajar di lapangan Sambirejo, sempat lari ke arah timur. Tetapi dengan bantuan warga, kepolisian menangkap 6 pelajar yang selanjutnya dibawa ke Polsek Tlogowungu,” ucapnya saat dikonfirmasi, Rabu (26/10/2022).

Ditangkapnya 6 pelajar itu, selanjutnya kepolisian menghubungi pihak sekolahan dan orang tua pelajar. Mereka yang disaksikan wali beserta orang tuanya itu diminta untuk membuat surat pernyataan bermaterai. Isinya adalah tidak mengulangi perbuatan serupa di kemudian hari.

Tak hanya itu, pelajar tersebut, kata Pujiati diwajibkan untuk melapor tiap Senin dan Kamis ke Polsek Tlogowungu. Ini dimaksudkan sebagai bentuk pengawasan kepolisian terhadap mereka. Keenam pelajar itu masing-masing MKN (17), AFA (16), WKB (17), BPGW (16), RBS (16), dan NAS (17).

Dirinya mengungkapkan, kejadian ini ditengarai sudah turun temurun dari kakak kelasnya terdahulu. Bahkan menjadi dendam berkepanjangan yang saling balas membalas tak berkesudahan. Karenanya, orang tua dan pihak sekolahan diminta untuk lebih memberikan perhatian lebih.

“Pembinaan lebih optimal oleh guru didampingi oleh kepolisian kepada para pelajar, agar kejadian serupa tidak terulang lagi. Kemudian pihak sekolah juga diminta untuk pengawasan dalam penggunaan medsos di lingkup sekolah,” jelasnya.

Dia juga menambahkan, dengan kejadian ini Polresta Pati akan melakukan pembinaan bagi siswa yang masih di bawah umur. Dengan harapan tawuran antar pelajar ini tidak terjadi lagi.