Dewan Pati Dorong Produk UMKM Masuk Swalayan Toko

Ilustrasi deretan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Nur Sukarno mendorong agar produk-produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tidak hanya dijual secara konvensional. Tetapi, diharap juga bisa masuk ke pasar swalayan atau toko modern.

Menurutnya, ini sebelumnya juga sudah disepakati bersama antara dewan dengan Pemkab Pati melalaikan OPD yang membidangi yaitu Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin). Sehingga nantinya produk UMKM bisa dijumpai di toko swalayan.

“Pada saat rapat dengan dinas Perindag, sudah disepakati produk UMKM supaya bisa masuk di minimarket maupun toko swalayan,” kata dia yang ditulis Jumat (21/10/2022).

Sukarno menyebutkan memang saat ini di minimarket Indomart maupun Alfamart sudah ada produk UMKM. Hanya saja jumlahnya terbatas begitu pula sebatas makanan ringan.

Dia mengatakan UMKM masuk ke pasar swalayan harus bisa menyesuaikan dengan sistem keuangan secara cash flow. Sebab peraturan dari ritel demikian, dengan sistem pembayaran secara tempo.

“Kendalanya itu sistem pembayaran tempo, karena aturan manajemen minimarket seperti itu. Padahal sistem cashflow keuangan UMKM harus segera cair,” jelasnya.

Dengan kebijakan seperti ini ada peran serta pemerintah dalam membantu mendorong kemajuan UMKM di wilayah Kabupaten Pati. Menurutnya, itu sebagai keberpihakan kepada UMKM, karena sudah terbukti kuat bertahan pada saat terjadi gejolak ekonomi.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Ilustrasi Istimewa Previous post Ngeluh Pungli Meningkat di Menara, Sopir Angkot: Pernah Lapor ke Polres Kudus Tapi Ditolak
Ketua DPRD Kabupaten Pati Ali Badrudin Next post Target PAD Rp 400 M, Dewan Pati Dorong Tertib Bayar Pajak
Social profiles