27 Peserta Panwascam Kabupaten Kudus Terpilih Didominasi Orang Baru

0
Nama-nama terpilih peserta Panwascam Kudus
Nama-nama terpilih peserta Panwascam Kudus

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Dominasi orang baru oleh peserta Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kabupaten Kudus yang terpilih sebanyak 27 anggota, Kamis (27/10/2022).

Eni Setyaningsih selaku Ketua Pokja Rekrutmen Panwascam Kudus mengatakan, pihaknya berusaha melibatkan kalangan perempuan untuk terlibat langsung dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 yang akan datang.

“Dari Bawaslu Kudus sendiri sudah sangat memperhatikan dan membuka peluang seluas-luasnya bagi kalangan perempuan untuk terlibat pada 2024,” ungkapnya.

Lebih lanjut, adapun perpanjangan pendaftaran bagi kecamatan yang masih belum terpenuhi ketentuan afirmasi 30 persen perempuan seperti di kecamatan Kota, Kecamatan Undaan dan Bae.

“Bagi yang ingin melihat hasil tes wawancaranya yang telah diumumkan bisa dilihat di papan pengumuman Bawaslu Kudus. Bisa juga mengunduh https://bit.ly/PengumumanPanwascamKudus,” jelasnya.

Nantinya dari 27 calon anggota Panwascam tersebut akan segera dilantik pada tanggal (29/10) bertempat di Hotel Kenari Asri Kudus. Adapun peserta yang terpilih itu di dominasi oleh wajah baru.

“Peserta terpilih di dominasi wajah baru. Untuk orang lama banyak yang tidak lolos gagal saat test tertulis,” ujarnya.

Selain itu, ada juga tujuh orang perempuan yang dilantik dari 27 orang peserta terpilih dalam tes wawancara yang dilakukan sejak tanggal 20-23 Oktober 2022 oleh pimpinan Bawaslu Kudus sehingga total perempuan hanya 25,93 persen.

“Kalangan perempuan juga perlu pendidikan politik dalam mewujudkan kesetaraan hak demokrasi diantara laki-laki dan perempuan, itu perlu dorongan dari semua pihak,” pungkasnya.