Tingkatkan Keamanan Melalui Uang Emisi Baru

0

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Uang baru yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia sudah tersedia dua bulan lalu di Bank Jateng. Hal ini guna meningkatkan keamanan, pencegahan uang palsu, dan supaya sulit untuk ditiru, Senin (26/9/2022).

Pimpinan Cabang Bank Jateng KCP Prambatan Kudus Arief Junaidi menyebut, uang emisi baru sudah tersedia sejak dua bulan lalu. Pemerintah menyediakan uang baru yang berkualitas dan terpercaya untuk alat pembayaran transaksi.

Uang emisi baru yang dikeluarkan Bank Indonesia Guna menambah keamanan rupiah
Uang emisi baru yang dikeluarkan Bank Indonesia Guna menambah keamanan rupiah

“Uang baru tersedia sudah dua bulan lalu. Intinya pemerintah memberikan uang baru untuk menyediakan uang rupiah yang makin berkualitas, dan terpercaya sebagai alat pembayaran masyarakat atau di NKRI,” ungkap Arief saat ditemui di Kancab Bank Jateng.

Terkait Emisi uang baru, Bank Indonesia juga berusaha untuk meningkatkan keamanan, kenyamanan, dan kebanggaan masyarakat Indonesia untuk menggunakan uang rupiah di negaranya sendiri. Selain itu, menjaga reputasi uang rupiah sebagai marwah disuatu negara.

Uang emisi baru 2022 ini berdesain yang sangat simpel dan pengamanannya lebih banyak, serta ketahanan bahan lebih bagus jika dibandingkan dengan uang emisi lama. Untuk pecahan uang baru lengkap, mulai dari 1000, 2000, 5000, 10.000, 20.000, 50.000, dan 100.000.

“Kalau untuk warga yang ingin menukar uang lamanya dengan yang baru bisa dilayani. Namun terbatas tidak bisa meminta banyak. Bank Jateng minta ke Bank Indonesia juga terbatas tidak bisa sesuai,” terangnya kepada Samin News.

“Minimal satu juta, lebih dari itu bisa. Tapi melihat stok yang ada. Namun saat ini terbatas. Kita berusaha membagi adil ke masyarakat,” tambahnya.

Dirinya berharap dengan adanya uang emisi baru itu, masyarakat semakin yakin bahwa pemerintah selama ini sudah mengupayakan pengamanan uang. Serta bangga menggunakan uang di negeri sendiri.