Jelang Musim Hujan, Henggar Minta Bentuk Tim Siaga Bencana

0
Penjabat (Pj) Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro (tengah) saat penyerahan bantuan di Margoyoso
Penjabat (Pj) Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro (tengah) saat penyerahan bantuan di Margoyoso

SAMIN-NEWS.com, PATI – Penjabat (Pj) Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro meminta semua pihak siaga terhadap datangnya musim penghujan. Pasalnya musim hujan di wilayah Kabupaten Pati tak dipungkiri menyebabkan bencana alam banjir, misalnya.

Atas dasar itu, dirinya meminta stakeholder terkait bersiap siaga dengan melakukan koordinasi dan komunikasi. Mulai dari BPBD, camat hingga desa untuk mengantisipasi potensi terjadinya bencana di daerah. Tak hanya itu, Henggar juga meminta agar membentuk tim siaga bencana.

“Pada saat memasuki musim penghujan segera siapkan antisipasi seperti membentuk tim siaga bencana. Semuanya terlibat, meskipun sifatnya piket jaga. Sehingga saat air naik semuanya siaga”, kata Henggar saat penyerahan bantuan di Margoyoso belum lama ini.

Dirinya menginginkan BPBD komunikasi dengan pihak kecamatan hingga pemerintah desa dalam upaya untuk memonitoring kondisi sungai atau hal lain yang berpotensi menimbulkan bencana, terutama desa yang dilalui sungai.

Berdasarkan bencana banjir yang melanda di Desa Tunjungrejo, Margoyoso pada akhir Juni 2022 kemarin, banjir itu disebabkan lantaran hujan deras di kawasan hulu di wilayah Kecamatan Tlogowungu. Sehingga, dari kejadian itu seharusnya dijadikan pelajaran ke depannya di wilayah hulu agar berkoordinasi dengan di bawah.

“Sama-sama menjaga kebersihan sungai jangan sampai membuang sampah di sungai. Kadang inilah yang menjadi penyebab aliran tersumbat. Ditambah lagi didaerah atas ada pohon roboh di pinggir sungai dibiarkan” minta Henggar.

Melalui kesiapsiagaan antara stakeholder tersebut, dirinya berharap kejadian bencana alam bisa diantisipasi, utamanya yang berkaitan dengan kerugian material apalagi jangan sampai menimbulkan korban jiwa.

Ke depan kita harus lakukan antisipasi, terutama saat memasuki musim hujan. Kita semua harus waspada, kekhawatiran kita terjadi banjir berulang. Tetapi harapan kita, jangan sampai terjadi,” pungkasnya.