Persiapan Desa Wisata, Pokdarwis Gribig Gelar Pelatihan Tour Guide

0
Para peserta pelatihan Tour Guide lokal dari elemen Desa Gribig Kudus

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Dalam mempersiapkan Desa Wisata, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Harjo Mulyo Desa Gribig mengadakan pelatihan Tour Guide yang diikuti oleh 30 orang dari berbagai perwakilan, Senin (25/9/2022).

Taufiq selaku Ketua Pokdarwis Desa Gribig menyebut kegiatan yang digelar merupakan salah satu bentuk desa wisata dalam mengadakan Guide Lokal yang nantinya akan digunakan sebagai penerima tamu.

“Kegiatan tersebut berguna untuk membentuk Guide handal dalam mempromosikan atau mengenalkan Desa Wisata Gribig unggulan ke masyarakat luar maupun dalam Kudus,” kata dia.

Kegiatan tersebut dihadiri pemateri yang memiliki pengalaman sebagai Guide lokal Andhini Banu dan Tim Lelana Rahmat Hidayat. Hasil setelah mengikuti pelatihan itu diharapkan peserta mampu menjadi Guide Lokal yang menceritakan potensi lokal Desa Gribig.

“Diharapkan bisa bercerita dengan detail dan bisa menarik wisatawan kembali. Potensi Wisata Gribig yakni, Edufarm (Pertanian dan peternakan), Edukraf ( Batik, Fashion, dan aksesoris). Kuliner dan makanan khas seperti sambel klitih. Untuk Religi Sunan Kedu,” tuturnya.

Rahmat Hidayat menambahkan, dalam mempersiapkan Desa Wisata Gribig para peserta juga disiapkan untuk memiliki Publik Speaking yang bagus. Agar mampu menjadi Guide yang baik dan mampu mempromosikan wisata Gribig.

Sementara itu untuk kendala, menurut Dayat sapaan akrabnya, peserta merasa takut dan tidak percaya diri. Dirinya menyampaikan ketika ingin menjadi Guide itu harus berani.

“Jadi Tour Guide harus banyak berlatih bisa berinteraksi sering kepada orang lain. Agar dapat ilmu bagaimana cara ngomong yang baik,” tandasnya.

“Antusiasme peserta yang ikut cukup lumayan dan jauh dari expetasi, saya pikir kurang tertarik PR tapi ternyata banyak dan mereka semangat dan ada beberapa yang coba,” tambahnya.

Peserta yang mengikuti pelatihan ini diharapkan mampu mengembangkan ilmu barunya yang mempraktikkannya di tempat wisata yang ada di Gribig maupun lainnya.