Program Simpanan Pelajar, Bank Jateng Ajarkan Anak Mencintai Perbankan

0

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Program Simpanan Pelajar (Simpel) yang diinisiasi oleh Bank Jateng tersebut menyasar dan mengajarkan kaum pelajar khususnya anak-anak untuk mencintai Perbankan, Senin (26/9/2022).

Pimpinan Cabang Bank Jateng KCP Prambatan Kudus Arief Junaidi menyebut Simpanan Pelajar (Simpel) dari Bank Jateng itu diperuntukkan bagi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga SMA/MA Sederajat. Hal itu untuk mengedukasi anak dari kecil agar kenal dan cinta perbankan.

“Simpel mengenalkan anak, serta mengedukasi agar lebih cinta tentang perbankan,” ungkapnya saat ditemui di Kancab Bank Jateng.

Untuk syarat menabung bagi PAUD hingga SMP pembukaan rekening masih didampingi orang tua. Tabungan setoran awal minimal Rp 5000. Kemudian, bisa Rp 1000. Sementara Untuk SMA bisa tanpa dampingan orang tua. Sebab dianggap sudah cakap.

“Bank Jateng juga bisa datang ke sekolah. Dan memberikan sosialisasi terhadap program Simpel,” ujarnya.

Sementara itu untuk pengambilan ATM bisa dengan kontrol orang tua. Terkait Simpanan Pelajar itu siapapun bisa mendaftar bukan kalangan nasabah. Untuk nasabah dari Simpanan Pelajar sudah banyak.

“Ketika sudah menjajaki SMA biasanya dialihkan ke tabungan umum. Seperti, Simpedes atau Bima,” ujar dia.

Arief Junaidi menambahkan, terkait pentingnya program Simpanan pelajar. Menurutnya, Simpel harus digalakkan sekali. Agar generasi sekarang terbiasa untuk menabung sejak dini.

Harapannya, untuk masyarakat Kudus bagi yang memiliki anak. Dari kecil diajarkan untuk mencintai perbankan. Agar kedepan memahami hal tersebut, membiasakan hidup hemat dengan menabung dari kecil.