Pelantikan ISMI Orda Kudus, Fokuskan UMKM dan Pertanian

0
Pelantikan ISMI Orda Kabupaten Kudus yang digelar di Pendopo Wakil Bupati Kudus
Pelantikan ISMI Orda Kabupaten Kudus yang digelar di Pendopo Wakil Bupati Kudus

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Pelantikan Rapat Kerja Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) Orda Kabupaten Kudus yang digelar di Pendopo Wakil Bupati itu dihadiri oleh beberapa elemen penting yang nantinya akan memfokuskan UMKM dan Pertanian, Rabu (28/9/2022).

Ketua Umum ISMI Orda Kudus Gunari Al Latief menyebut, terbentuknya organisasi itu sejak 2 Desember 2012 hingga sekarang yang sudah kurang lebih berumur sepuluh tahun berdiri.

“Di Kudus menjadi kabupaten ketiga yang baru terbentuk. Yang pertama, Wonosobo, Rembang, Kudus,” kata Gunari saat ditemui usai pelantikan.

Fokus prioritas program kerja dari ISMI yakni di bidang UMKM dan Pertanian. Sebab, di Indonesia saat ini sedang menghadapi krisis pangan yang luar biasa termasuk di global. Hal itu tidak bisa dianggap sebelah mata.

“Krisis pangan luar biasa. Pangan isu global ancaman luar biasa dan tidak bisa dianggap remeh,” ujarnya.

Sementara, dalam membangun sektor pertanian nantinya ISMI bertitik pada pembibitan, panen dan pemasaran. Ada juga produk inovasi lainnya yang turut akan dibuat dan dikembangkan.

Nantinya target ISMI akan menjadi wadah berkumpulnya para saudagar dari berbagai latar belakang di Kabupaten Kudus. Serta, berencana untuk mendirikan perseroan yang sahamnya bisa dimiliki seluruh anggota ISMI.

Ketua Panitia Pelantikan dan Rapat Kerja Ismi Orda Kabupaten Kudus Sholeh Syakur menyebut, kegiatan itu sebenarnya dilaksanakan dua tahun kemarin. Namun karena muncul Covid baru terlaksana sekarang.

“Aslinya sudah dua tahun kemarin terkait raker berhubung Covid baru bisa dilaksanakan sekarang,” ungkapnya saat berada di Pendopo Wakil Bupati Kudus.

Untuk peserta yang hadir berjumlah 50 anggota dari seluruh komponen profesi di Kudus. Perlu diketahui, organisasi ini menggunakan saudagar namun tidak mengarah ke perdagangan sepenuhnya.

Lebih lanjut, namun mencakup profesi yang ada. Seperti, pengembang dan pemilik jasa. Tujuan dengan adanya organisasi itu, untuk mewadahi semua profesi yang ada di kabupaten Kudus.