Antusias Warga Gribig Kudus Dalam Menabung Sampah

0
Tampak warga sedang menimbang sampah yang sudah dipilah
Tampak warga sedang menimbang sampah yang sudah dipilah

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Antusias warga RT 6 RW 1 Desa Gribig Kabupaten Kudus dalam menabung sampah sangat diperlukan. Hal itu bertujuan untuk membantu mengurangi sampah yang saat ini belum terselesaikan, Senin (12/9/2022).

Terkait kegiatan itu, Ketua RT 6 RW 1 Gribig Harjono mengatakan, program tersebut sudah berjalan kurang lebih tiga tahun yang berdasarkan kesepakatan warga bersama.

“Program itu sudah berjalan lama kurang lebih 3 tahun berdasarkan kesepakatan warga. Nantinya hasil dari tabungan itu untuk anggaran rekreasi warga dan kegiatan penting lainnya,” kata Harjono saat ditemui di Gribig.

Untuk sampah yang ditabung oleh warga, lanjut Harjono, kebanyakan kardus hajatan, kardus jajan, snack, dan botol. Sebab memiliki nilai ekonomi dan jual yang sangat lumayan. Namun kebanyakan warga membawa jenis yang berbeda ketika nabung.

“Untuk nabung tergantung sampah yang dibawanya, kebanyakan warga menabung kardus hajatan, snack, dan botol karena ada harganya. Paling tinggi dijual kardus. Untuk harga naik turun tidak bisa dipatok,” terangnya.

Khotik selaku Ketua TP PKK RT 6 RW 1 Gribig menyebut, kegiatan itu merupakan rutinitas ibu PKK dalam waktu satu bulan sekali khusus warga Gribig. Dirinya juga membeberkan bagaimana cara menabung sampah ditempatnya.

“Warga sebagai nasabah nabung dan dicatat dibuku untuk di rekap. Kemudian langsung dibeli pengepul, lalu di uangkan dan diambil saat kegiatan piknik warga,” ujarnya.

Dirinya menilai banyak warga Gribig saat ini memiliki kesadaran dalam hal memilah sampah setelah diberi tahu jika sampah memiliki nilai jual yang tinggi dan dipilah dengan benar.