Tim Pengabdian Dosen dan Mahasiswa UNISNU Jepara, Melaksanakan Pengabdian Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Paper Quilling

Foto bersama di akhir sesi, sekaligus menampilkan hasil karya media paper quilling

SAMIN-NEWS.com, JEPARA – Tim penelitian dan pengabdian UNISNU Jepara yang diketuai oleh Ibu Erna Zumrotun, M.Pd. mengadakan kegiatan pengabdian dengan judul “Desain Media Kognitif Berbasis Puzzle Paper Quilling Bagi Guru Guru RA Muslimat NU Matholibul Ulum Kudus”. Bidang kegiatan ini yaitu PKM pengabdian kepada masyarakat (PKM-DM).

Kegiatan ini dihadiri 7 peserta dari Kepala Sekolah dan guru di lingkungan RA Muslimat NU Matholibul Ulum Kudus berlangsung pada hari Sabtu tanggal 13 Agustus 2022 bertempat di salah satu ruang kelas RA Muslimat NU Matholibul Ulum Kudus.

Kegiatan pengabdian ini merupakan program pengabdian kolaborasi antara dosen dan mahasiswa. Program ini dicanangkan oleh Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UNISNU Jepara. Program PKM ini terealisasi dengan adanya dana hibah dari kampus untuk melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Erna Zumrotun, M.Pd selaku ketua tim penelitian dan pengabdian UNISNU Jepara mengucapkan terimakasih kepada Kepala Sekolah RA Muslimat Matholibul Ulum Kudus atas kesempatan dan waktunya untuk mengadakan kegiatan pengabdian ini.

Praktik pembuatan media paper quilling diarahkan oleh Muh Muhaimin, M.Pd selaku dosen PGSD Unisnu Jepara
Praktik pembuatan media paper quilling diarahkan oleh Muh Muhaimin, M.Pd selaku dosen PGSD Unisnu Jepara

“Kegiatan pengabdian ini merupakan upaya untuk melatih para guru untuk membuat media pembelajaran yang dapat mengasah kemampuan kognitif anak. Melalui media paper quilling, kemampuan anak akan terasah karena adanya warna dan bentuk yang cocok diajarkan untuk anak usia dini. Hal tersebut akan bermanfaat bagi pembentukan motorik anak sejak dini.” pungkasnya

Sementara itu, Kepala sekolah Ibu Afroh, mengatakan kegiatan pelatihan media paper quiling ini bagus diterapkan ke peserta didik kelas B, karena bisa meningkatkan kemampuan motorik anak dan daya kreatifitas, Saya sangat berterimakasih kepada UNISNU Jepara yang sudah memilih sekolah kami untuk pelatihan, saya mengharapkan kegiatan ini bisa berkesinanmbungan agar mampu secara educative meningkatkan kemampuan guru.” ungkapnya ,

Kegiatan PKM ini menghadirkan Dwiana Asih Wiranti, M.Pd (Dosen PGPAUD UNISNU Jepara) dan Muh Muhaimin, S.Pd.I., M.Pd (Dosen PGSD UNISNU Jepara) selaku narasumber ahli dan berpengalaman dalam bidang pendidikan anak usia dini (PAUD) dan PGSD.

Narasumber pertama, Dwiana Asih Wiranti, M.Pd menyampaikan beberapa materi tentang ke-PAUD-an, diantaranya: APE, tahap perkembangan usia anak, cara memilih APE, serta pemanfaatan bahan lingkungan untuk membuat media pembelajaran.

Muh Muhaimin, S.Pd.I., M.Pd. selaku narasumber kedua menyampaikan materi tentang paper quilling sekaligus praktik membuat media pembelajaran berbasis paper quilling. Guru-guru dibagi menjadi 3 kelompok untuk praktik membuat media berbasis paper quilling dengan tema hewan yang juga dibantu oleh para mahasiswa. Kegiatan praktik berlangsung sangat menarik karena para guru yang sangat antusias dalam membuat media pembelajaran berbasis paper quilling.

Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan plakat dan kenang-kenangan sebagai bentuk ucapan terimakasih serta sesi foto bersama dengan menampilkan hasil karya media paper quilling yang telah dibuat.

Penulis : Hisyam Nasyith

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Rembesan air dari TPA dikeluhkan warga Jekulo Kudus, (Foto : Adam Naufaldo) Previous post Warga Jekulo Kudus Keluhkan Rembesan Air dari TPA
Sekretaris DPC PPP Kabupaten Pati, Zamroni Next post PPP Target Punya Dewan Perempuan di Kursi Legislatif
Social profiles