PPP Target Punya Dewan Perempuan di Kursi Legislatif

Sekretaris DPC PPP Kabupaten Pati, Zamroni

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan (DPC PPP) Kabupaten Pati, menargetkan kader perempuannya menduduki kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 mendatang.

Sekretaris DPC PPP Pati, Zamroni mendorong kaum perempuan untuk berkiprah di politik. Sebab, para srikandi itu nantinya yang diharapkan menjadi penyambung aspirasi berbagai persoalan dan kebutuhan utamanya dari keterwakilan perempuan.

“Target kita nanti ada kursi yang ditempati perempuan, karena itu penting sebagai unsur untuk keterwakilan perempuan pada kursi DPRD, dan kita akan berusaha maksimal,” ucap Zamroni di kantor DPC PPP dalam rekamannya yang ditulis Selasa (16/8/2022).

Untuk saat ini kader PPP ada 5 (lima) orang yang menempati kursi dewan. Dari kelimanya tidak ada keterwakilan perempuan, semuanya laki-laki. Oleh karena itu, dirinya mengaku akan memaksimalkan potensi kader perempuan untuk ikut kontestasi di Pileg nanti.

Menurut Zamroni, selain menargetkan punya kader perempuan di DPRD, hal ini juga sesuai dengan amanat KPU yang mensyaratkan 30 persen dari unsur perempuan harus terpenuhi.

“Sejauh ini dari PPP masih kesulitan untuk mencari kader perempuan yang dianggap potensial. Kader perempuan 30 persen harus terpenuhi, cuma untuk mencari kader yang potensial kan tidak gampang,” jelasnya.

Dirinya menambahkan bahwa untuk menyaring kader perempuan potensial tidak semudah yang dibayangkan. Selain menyiapkan kader perempuan dari internal PPP, ia mengaku PPP juga membuka peluang bagi kalangan eksternal partai.

Lebih lanjut Zamroni menegaskan bahwa secara perhitungan tiap Daerah Pemilihan (Dapil) harus ada 30 persen dari unsur perempuan. Jika setiap Dapil ada 11 calon, maka sedikitnya ada 4 orang dari unsur perempuan.

“Namun semakin banyak kader perempuan itu semakin baik, karena kita bisa melakukan penyaringan untuk caleg yang dipilih bisa jadi,” tegasnya.

Tak dipungkiri, target ini membutuhkan upaya lebih dari PPP Pati sebagai sebuah pekerjaan rumah. Sebab, berkaca dari perolehan hasil Pileg 2019 misalnya di DPRD Pati, belum ada politisi perempuan dari PPP Pati.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Foto bersama di akhir sesi, sekaligus menampilkan hasil karya media paper quilling Previous post Tim Pengabdian Dosen dan Mahasiswa UNISNU Jepara, Melaksanakan Pengabdian Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Paper Quilling
Kader dan pengurus DPD Partai Golkar Kabupaten Pati ziarah ke makam pahlawan di Desa Puri, Kecamatan Pati Next post DPD Golkar Pati Ziarah ke Makam Pahlawan
Social profiles