Potret Juara Satu Duta Genre Kabupaten Kudus 2022 Nova Cantika Mawarina

Juara 1 Duta Genre Kabupaten Kudus tahun 2022 (Foto : Adam Naufaldo)

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Mengenal lebih dekat Juara 1 Duta Generasi (GenRe) Kudus Tahun 2022 Nova Cantika Mawarina mahasiswi prodi pendidikan Bahasa Inggris semester 5 Universitas Muria Kudus. Acara itu diselenggarakan di Ruang Pertemuan Hotel @HOM Kudus, Kamis, 28 Juli 2022 kemarin.

Nova sapaan akrabnya mengungkapkan rasa senangnya dan tidak menyangka akan mendapatkan Juara I Duta GenRe tahun 2022. Atas prestasinya yang diraih, dirinya kedepan akan lebih maksimal lagi karena tanggungjawab di Kudus beralih kepadanya.

Perempuan kelahiran 28 November 2002 itu berhasil menyingkirkan sepuluh finalis yang diantaranya putra dan putri yang berkompetisi memperebutkan gelar Duta Genre Kabupaten Kudus tahun 2022.

Ia dikenal sebagai sosok yang ceria, memiliki semangat tinggi, dan menyukai hal-hal baru. Saat kecil dirinya mengaku tidak berani berbicara di depan umum.

“Sewaktu kecil saya gak berani aktif ngomong. Namun melihat lingkungan yang cukup supportif, dan berani menunjukkan serta mengekspresikan diri, disitulah aku tergugah,” imbuhnya.

Lanjut dia, saat itu dirinya termotivasi dan memberanikan diri keluar dari zona nyaman. Serta mulai tampil di depan umum dan belajar tentang hal baru.

“Sebelumnya saya tidak pernah membayangkan menjadi seorang guru. Seiring waktu, aku ingin mendedikasikan menjadi seorang pendidik, yakni guru Bahasa Inggris,” jelasnya.

Selain itu Nova juga aktif menjadi tutor agar dapat membuka bimbel Bahasa Inggris sendiri. Masa-masa produktifitas Nova dinilai berlangsung ketika dirinya duduk di semester 3. Ia mulai ikut UKM Broadcasting.

“Aku juga mengikuti pelatihan entah reporter atau MC. Pernah ikut lomba-lomba internasional. Selain itu di semester 3 aku part time di satu tempat makan,” terangnya.

Menurutnya, untuk saat ini terpenting ialah menggali banyak hal dalam diri dan lingkungan. Dan diadakannya pemilihan Duta Genre oleh binaan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melalui Dinsos P3AP2KB Kudus untuk mempersiapkan kehidupan berencana bagi remaja.

“Melalui edukasi dan sosialisai mengenai usia tepat dalam melangsungkan pernikahan, ada delapan substansi genre, seperti usia pernikahan, pencegahan HIV AIDS, pencegahan narkoba, dan lainnya,” pungkasnya.

Penulis
Adam Naufaldo

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Menikmati Kuliner Pecinan di Taman Menara Kudus
Next post Tiga Pelajar Diamankan Polsek Sukolilo
Social profiles