Menikmati Kuliner Pecinan di Taman Menara Kudus

0
18

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Bagi kalian pecinta kuliner, bisa datang langsung ke Taman Menara Kudus menikmati beberapa macam kuliner serta memeriahkan rangkaian Buka Luwur Sunan Kudus.

Puguh Herkuntanto penjaga stan kuliner pecinan itu mendapat tugas oleh Lurah Wergu Kulon untuk mempromosikan kuliner tersebut di Kuliner Jadul Empat Negri yang berada di Taman Menara Kudus.

Kuliner khas pecinan diambil karena unik. Serta ingin memperkenalkan kepada masyarakat Kudus atau pendatang yang belum tahu

“Saya ditugasi bu lurah wergu kulon. Untuk menjaga stan, sekaligus memperkenalkan kepada khalayak ramai,” katanya saat ditemui dilapaknya.

Makanan yang berasal dari Negri Tirai Bambu itu memiliki beberapa macam varian yang disediakan di stand pecinan tersebut. Seperti bakchang, enting gepuk, permen buah, dan roti durian.

“Makanan khas yang dari china, ada bakchang semacam lemper hrga 5 ribu, kue bulan 3 ribu, enting gepuk 12 ribu, permen buah kecil 8 ribu dan yang besar 21 ribu, roti durian, jeruk mandarin, kue ranjang ada dua macam kecil 4 ribu, besar harganya 11 ribu, miesoa instan 5 ribu,” jelasnya kepada Samin News.

Lebih lanjut, meski dirinya berjualan makanan khas dari China namun tetap mengutamakan halal selain itu juga berjualan makanan non cina. Meskipun begitu banyak yang meminati jajanan tersebut.

Puguh Herkuntanto saat melayani pembeli yang mengunjungi standnya, (Foto : Adam Naufaldo) Puguh Herkuntanto saat melayani pembeli yang mengunjungi standnya, (Foto : Adam Naufaldo)
Puguh Herkuntanto saat melayani pembeli yang mengunjungi standnya, (Foto : Adam Naufaldo)

“Peminat sangat banyak dari luar kota dan peziarah namun kebanyakan dari masyarakat kudus,” terangnya.

Dirinya menjelaskan, untuk makanan China yang paling diminati pembeli yakni enting-enting gepuk, enting tiga rasa, permen zaitun, abon sapi cap lohan yang besar dengan harga 32 ribu.

Dengan diadakannya rangkaian acara Buka Luwur Sunan Kudus tersebut dirinya berharap, banyak masyarakat yang semakin mengenal jajanan jadul tempo dulu. Untuk harganya sangat terjangkau.

Perlu diketahui, bagi masyarakat Kudus maupun luar yang ingin datang di Kuliner Jadul Empat Negri bisa berkunjung di jam 09.00-21.00. Dan rangkaian tersebut dimulai dari 31 Juli 2022 hingga 7 Agustus 2022.

Sementara itu Suripto pengunjung asal Mejobo Kudus menilai kuliner tersebut sangat unik dan ia mengaku baru mengetahuinya. Hal itulah yang membuat dirinya mendatangi yang bertempat di Taman Menara Kudus.

“Awalnya saya gatau mas, tapi ada kawan saya yang mengetahuinya dari sosmed. Dan saya sendiri gatau. Langsung penasaran kesini bersama teman saya untuk melihatnya. Ternyata harganya cukup terjangkau,” pungkasnya.

Penulis
Adam Naufaldo