Kirab Budaya Dukuh Krajan Karangrowo Diapresiasi Kepala Disbudpar Kudus

0
PLT Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Mutrika bersama jajaran pejabat Dukuh Krajan Karangrowo Undaan Kabupaten Kudus, (Foto : Adam Naufaldo)
PLT Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Mutrika bersama jajaran pejabat Dukuh Krajan Karangrowo Undaan Kabupaten Kudus, (Foto : Adam Naufaldo)

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus, Mutrika memberikan apresiasi atas kegiatan Kirab Budaya dan Buka Luwur yang dilaksanakan di Dukuh Krajan Karangrowo Undaan Kudus, pada Sabtu (13/8/2022) kemarin.

“Ini sangat luar biasa bagi saya, serta tidak pernah menyangka sebelumnya ketika Karangrowo menjalankan SK Bupati tentang desa wisata,” ungkapnya kepada Samin News.

Mutrika meminta kegiatan tersebut untuk dilaksanakan satu tahun. Tujuannya agar memberikan semangat kepada masyarakat untuk mengeksplorasi potensi Dukuh Krajan Karangrowo.

“Kegiatan seperti ini setiap tahun tetap dilaksanakan karena dalam memberikan semangat kepada masyarakat untuk bisa mengeksplorasi potensinya,” kata dia.

Lebih lanjut, jadi potensi yang ada harus kita ekplorasi dan dikenalkan. Sehingga nantinya ada banyak wisatawan yang bisa datang karena daya tarik wisata budaya beserta potensi yang dimiliki.

“Diantaranya daya tarik wisata, budaya, seninya, potensi pertanian dan potensi air. Tentunya sangat menarik ketika dikemas menjadi satu produk budaya,” imbuhnya.

Sementara itu, warga Dukuh Krajan Karangrowo Sutarjo mengungkapkan rasa syukurnya atas kegiatan Kirab Budaya yang bisa kembali digelar dalam memperingati haul Mbah Buyut Sipah Nggo Joyo ke-20.

“Setelah adanya pandemi, kegiatan ini merupakan wujud syukur masyarakat kepada Tuhan dan para leluhur yg telah mewariskan budaya di desa kami. Semoga bisa memberi berkah bagi masyarakat khususnya Dukuh Krajan Karangrowo,” ujar Sutarjo saat ditemui disela-sela kegiatan kirab.

Lebih lanjut, kegiatan tersebut diadakan agar terhindar dari semua bala atau musibah. Selain itu harapannya di bidang pertanian semakin bertambah makmur serta bisa merekatkan tali persaudaraan seluruh lapisan masyarakat.

“Harapan kami kegiatan kirab tersebut kedepannya bisa tambah semarak dan meriah. Serta bisa menjadi destinasi wisata di desa kami dan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat desa,” pungkasnya.

Penulis
Adam Naufaldo