Antusiasme Warga Mengikuti Kirab Budaya dan Buka Luwur

0
Hery Darwanto selaku Lurah Karangrowo menyampaikan sambutannya, (Foto : Adam Naufaldo)
Hery Darwanto selaku Lurah Karangrowo menyampaikan sambutannya, (Foto : Adam Naufaldo)

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Kirab Budaya dan Buka Luwur yang digelar pada, Sabtu (13/8/2022) di Dukuh Krajan Desa Karangrowo Undaan Kudus terlihat antusiasme warga yang sangat gembira dalam kegiatan tersebut.

Hery Darwanto selaku Lurah Karangrowo mengatakan acara itu memperingati Haul Mbah Buyut Sipah ke-20 yang bertepatan Desa Karangrowo mendapatkan sk desa wisata dari Bupati Kudus Hartopo.

“Acara hari ini adalah Haul Mbah Buyut Sipah di Desa Karangrowo yang ke 20. Bertepatan juga mendapatkan sk desa wisata dari bapak bupati tahun 2021,” ungkapnya kepada Samin News.

“Alhamdulillah kirab ini dihadiri ibu disbudpar. Perlu kami sampaikan pada warga Karangrowo sangat antusias menyambut Desa Wisata Karangrowo, wisata budaya dan wisata lainnya,” sambungnya.

Dirinya berharap dalam kedepan potensi yang ada di Krajan Karangrowo tersebut bisa meningkatkan ekonomi kreatif dan bisa lebih meriah lagi ketika menggelar kegiatan untuk masyarakat.

“Harapan kami dalam kedepan potensi yang ada ini bisa untuk menumbuhkan kembangkan ekonomi kreatif yang ada, sehingga dalam kedepan rencana kami akan tumbuhkan lebih besar pada pameran yang ada,” terangnya.

Sementara itu, ia mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Kudus dan Disbudpar yang selalu aktif mendampingi Desa Karangrowo. Serta mengapresiasi masyarakat yang antusias mengikuti kegiatan itu.

“Kami terimakasih kepada pak bupati dan disbudpar yang telah aktif dalam mendampingi desa Karangrowo. Kita juga mengapresiasi masyarakat Karangrowo semoga tetap semangat untuk membantu menjadi desa wisata,” jelasnya.

Lebih lanjut, dirinya menyebut Karangrowo juga memiliki potensi pada wisata budayanya yakni sedulur sikep.

“Jadi ada kaum sedulur sikep yang ada di Dukuh Kaliyoso Desa Karangrowo. Dan tentu nantinya wisata buatan Desa Karangrowo dialiri banyak kali-kali dan air. Nanti bisa menjadi wisata air dan dibarengi kuliner dan makanan khas ikan kali,” ujarnya.

Terpisah, Ketua penyelenggara Kirab Budaya dan Buka Luwur Rohali menyebut banyak warga yang antusiasme mengikuti kegiatan itu.

“Kirab Budaya bersama masyarakat. Semua RT/RW ikut semua. Masyarakat Dukuh Krajan. Untuk gunungan berjumlah 13-15 gunungan.

Ia berharap dalam kedepan Desa Karangrowo menjadi lebih baik serta kegiatan kirab budaya selanjutnya bisa untuk ditingkatkan kembali.

“Wisata disini menawarkan ikan gabus, teh daun kelor, dan berharap untuk dirintis lagi supaya lebih baik. Agar bisa diperoleh masyarakat,” sebutnya.

Lanjut dia, sementara itu untuk peserta yang mengikuti kegiatan kirab budaya tersebut berjumlah ratusan. Sebelumnya kirab tersebut sudah dilaksanakan namun sederhana. Ia berharap kedepan untuk meningkat lagi.

Penulis
Adam Naufaldo