Dispermades Gelar Desk Percepatan Penyaluran DD Tahap III di Kecamatan Pati

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Pati menggelar Desk Percepatan penyaluran DD tahap III di Kecamatan Pati

SAMIN-NEWS.com, PATI – Bidang Pembangunan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Pati melaksanakan desk atau pendampingan dalam rangka percepatan penyaluran Dana Desa (DD) tahap III di Kecamatan Pati Kota beberapa hari lalu.

Nilam Ristiana selaku Kepala Seksi (Kasi) Sarana Prasarana dan Pelayanan Dana Desa menyampaikan Dispermades turun ke desa-desa jemput bola dalam rangka pendampingan dan fasilitasi.

“Melaksanakan kegiatan pendampingan kepada desa terkait percepatan penyaluran DD tahap III. Kita ibaratnya ngalahi turun ke desa-desa, kurangnya apa, tidak bisanya bagian mana nanti diajari,” kata Nilam dalam rekamannya yang ditulis Jumat (26/8/2022).

“Desk percepatan DD tahap III ini dilaksanakan di Aula Kecamatan Pati Kota pada tanggal 24 Agustus 2022 dengan peserta 24 desa,” tambah Nilam.

Ia mengungkapkan berdasarkan data yang dimilikinya per tanggal 25 Agustus 2022, di Kabupaten Pati sudah tersalurkan DD tahap III ke 42 desa. Permohonan penyaluran DD tahap III ini, Nilam menyatakan harus disertakan capaian sebesar 90 persen.

“Kemudian banyak desa yang sudah entry (laporan DD) nanti dicetakkan realisasi untuk persyaratan naik penyaluran DD tahap III. Istilahnya mereka (desa) didekatin kayak belajar bareng gitu,” jelasnya.

Saat kegiatan Desk percepatan penyaluran di Kecamatan Pati tersebut, selain melakukan pendampingan juga entry mengenai Rencana Anggaran Kas Desa.

“Di sisi lain, saat itu mereka sekaligus mengentry rencana anggaran kas yang mana tujuannya agar aliran kas desa sesuai dengan yang direncanakan. Tetapi fokusnya yang kemarin itu terkait desk percepatan penyaluran DD,” imbuhnya.

Dirinya menegaskan program yang telah direncanakan oleh desa agar segera direalisasikan. Baik itu program kegiatan yang didanai dari DD atau pun bersumber dari dana lain.

“Besar harapan saya pengelolaan keuangan di desa harus sesuai dengan yang direncanakan dan dianggarkan serta realisasikanlah apa yang direncanakan tersebut,” pungkas Nilam.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Potret Karnaval Budaya SD 1 Gondosari Gebog Kudus, (Foto : Adam Naufaldo) Previous post SD 1 Gondosari Kudus Gelar Karnaval dan Pertunjukan Teatrikal
DPC PDI Perjuangan bakal memberikan bantuan PIP dari aspirasi Ketua DPR RI Next post 1.860 Siswa di Pati Bakal Terima Bantuan PIP, Maksimal Cair Akhir September
Social profiles