TAPD Diminta Susun APBD Secara Cermat

0
24
Anggota fraksi PPP membacakan pandangan akhir fraksi terhadap Raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Pati tahun 2021
Anggota fraksi PPP membacakan pandangan akhir fraksi terhadap Raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Pati tahun 2021

SAMIN-NEWS.com, PATI – Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DPRD Kabupaten Pati menilai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) merupakan instrumen teknis dari pembangunan daerah.

Fraksi PPP menyadari bahwa APBD memiliki fungsi yang strategis untuk mendukung mobilitas pemerintah dalam menjalankan tugasnya baik untuk menunjang pelayanan publik dan mengimplementasikan berbagai macam regulasi.

Selain itu, APBD juga menjadi acuan untuk melaksanakan pembangunan di berbagai sektor penting dan menumbuhkan ekonomi daerah serta untuk pemberdayaan masyarakat.

“APBD merupakan instrumen teknis dari idealisme pembangunan yang ingin diwujudkan oleh Pemda Pati yang muaranya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tulis fraksi PPP dalam pandangan akhir fraksi terhadap Raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2021.

Oleh karena itu, fraksi PPP meminta kepada Pemerintah Daerah khususnya kepada Tim Anggaran Pendapatan Daerah (TAPD) ke depan dalam menyusun APBD harus cermat dan antisipatif.

Dengan kecermatan menyusun APBD tersebut, menurut fraksi PPP sebisa mungkin tidak menyebabkan defisit SILPA termasuk mall administrasi.

“Sehingga APBD dapat efisien dalam mendukung kegiatan program pembangunan dalam segala sektor,” lanjutnya.(adv)