Sempat Vakum, HUT RI ke-77 Pemkab Jepara Gelar “Festival Jepara Bangkit”

0
78
Festival Jepara Bangkit 2022
Festival Jepara Bangkit 2022

SAMIN-NEWS.com, JEPARA – Usai vakumnya perayaan HUT kemerdekaan RI tahun-tahun sebelumnya lantaran pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara tahun ini bakal memperingati HUT RI ke-77 tahun 2022 ini secara meriah dan semarak. Pemkab Jepara akan menggelar berbagai macam even yang mengusung tema “Festival Jepara Bangkit”.

Hal ini disampaikan oleh Sekda Jepara, Edy Sujatmiko, sekaligus Ketua Panitia penyelenggara kegiatan dalam rapat koordinasi bersama Forkopimda dan jajaran pejabat instansi di lingkup Jepara, di Gedung Shima belum lama ini.

Agenda Festival Jepara Bangkit 2022
Agenda Festival Jepara Bangkit 2022

Ia mengatakan Pemkab Jepara melalui even besar ini diharapkan mampu membangkitkan sektor-sektor potensial di daerah, seperti perekonomian, kesenian, seni-budaya dan lainnya.

“Kegiatan Festival Jepara Bangkit dalam rangka menyambut HUT RI ke-77 ini dilakukan setelah beberapa tahun vakum. Kita akan bangkitkan kembali potensi Jepara, baik perekonomiannya, budayanya, seninya dalam peringatan HUT RI Ke 77,” ucapnya.

Ia menjelaskan beberapa kegiatan yang akan dilakasanakan dalam bulan Agustus selain upacara, di antaranya terdapat bermacam perlombaan, Festival Jepara Bangkit, Gelar Karya Jepara Bangkit, hingga Jepara Bersholawat.

Sementara itu, Wakil Ketua Panitia peringatan HUT RI Ke-77, Hadi Priyanto menambahkan nantinya akan juga diramaikan dengan penampilan ketoprak spektakuler dalam festival Jepara bangkit yang akan dimainkan oleh guru-guru se Kabupaten Jepara.

“Ketoprak spektakuler yang berjudul Rainha de Japora ini akan melibatkan sekitar 200 pemain dan para penari. Serta mengajak para pejabat instansi dan Forkopimda Jepara,” paparnya.

Jepara Carnival
Jepara Carnival

Selain itu, masih kata Hadi Priyanto terdapat kegiatan Flash Mop yang akan menampilkan 30 vokalis, 30 gitaris, 30 drummer, 30 bassist serta 10 keyboardis dan 10 brass section di Tugu Kartini juga akan menyemarakan Festival Jepara Bangkit.

Untuk diketahui juga nantinya tak hanya pameran seni budaya, melainkan festival HUT RI ke-77 akan menampilkan pameran produk-produk daerah yang rencananya akan dilaksanakan di Mangunsarkoro Street.