Kadinas PKPLH Kudus Ajak Stakeholder Peduli Sampah

Kepala Dinas PKPLH Kabupaten Kudus Abdul Halil, (Foto : Adam Naufaldo)

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Banyak beredar di sosial media terkait turunnya kesadaran masyarakat membuang sampah sembarangan ditempat manapun. Oleh karena itu, Dinas PKPLH mengajak kepada pemdes, stakeholder dan jajaran terkait untuk menangani persampahan secara bersama, (23/7/2022).

Polemik mengenai buang sampah sembarangan akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat yakni di Balai Jagong Wergu Wetan Kudus. Hal tersebut perlu solusi yang tepat untuk meningkatkan kesadaran dalam membuang sampah ditempatnya.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Perumahan Kawasan dan Permukiman Lingkungan Hidup Kabupaten Kudus Abdul Halil mengatakan, pemerintah tidak bisa kerja sendirian dalam mengurangi timbunan sampah.

“Kita tidak bisa bekerja sendiri dalam arti menguranginya timbunan sampah,” ungkapnya kepada Samin News.

Menurutnya, jika masyarakat masih minim akan kesadaran tentang membuang sampah. Bisa datang langsung ke Bank sampah terdekat. Sebagai contoh di Bank Sampah Muria Berseri yang bisa menukarkan sampah menjadi emas.

“Kalau tidak ada kerja sama dengan masyarakat mungkin terwadahi di Bank Sampah. Nantinya jadi tolak ukur kita bisa mengurangi dampak timbunan sampah,” sebutnya.

Dinas PKPLH sendiri juga perlu berinovasi terkait hal tersebut. “Kita juga perlu berinovasi, artinya dari Dinas PKPLH sudah melakukan study banding di Banyumas. Disana juga ada inovasi tentang pemilihan sampah. Kedepannya hal itu akan ditindaklanjuti,” pungkasnya.

Penulis
Adam Naufaldo

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Festival Jepara Bangkit 2022 Previous post Sempat Vakum, HUT RI ke-77 Pemkab Jepara Gelar “Festival Jepara Bangkit”
Next post E-Koran Samin News Edisi 23 Juli 2022
Social profiles