Pesona Museum Gusjigang Kudus, Warga: Bisa Tahu Sejarah Kabupaten Kudus

0
42
Replika Gusjigang X-Building, (Foto : Adam Naufaldo)
Replika Gusjigang X-Building, (Foto : Adam Naufaldo)

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Museum Gusjigang yang berada di dalam kompleks Museum Jenang Kudus itu banyak berisi mengenai cuplikan sejarah Kabupaten Kudus melalui berbagai koleksinya, (6/7/2022).

Ari warga asal Dawe Kudus mengatakan sudah datang beberapa kali di Museum Gusjigang. “Saya datang kesini sudah kesekian kalinya, karena tempatnya bagus dan bisa menambah pengetahuan tentang sejarah Kudus,” ujarnya Ari.

Dirinya menyebut tertarik datang ke Museum berulang kali berawal dari postingan teman yang berada di luar kota, lalu membuat foto seputar Museum Gusjigang. “Saat kawan saya upload di sosmednya tentang ruangan baru di Museum, saya langsung datang lagi. Disini juga bisa berekreasi sekaligus belajar sejarah tentang apapun,” ucapnya.

Ia menambahkan bagian ruangan yang paling disukai saat datang ke Museum adalah kapal besarnya. “Saya tertarik dengan sejarahnya disini, termasuk sejarah kesuksesan orang Kudus yang menaiki kapal sampai ke luar negri kalau gak salah, serta tempatnya sangat klasik sekali,” terangnya.

Sementara itu, Mahasiswi STAI Al Anwar Sarang Rembang, Nur Kholida mengatakan pertama kali tahu Museum Gusjigang Kudus tersebut berasal dari info kawannya. “Saya tahu Museum Sejarah ini dari teman saya yang di Kudus, kebetulan dia memberi tahu kalau di Museum banyak sejarah Kudus terpampang,” kata dia saat ditemui di Museum Gusjigang Kudus.

Lanjut dia, saat diberi tahu teman dirinya langsung penasaran dan mendatangi Museum Gusjigang, kebetulan Kholida sapaan akrabnya kuliah mengambil jurusan Prodi Al-Quran dan tafsir. Hal itulah yang membuatnya bergegas datang ke Museum yang dibangun pada 2017 itu. “Saya mumpung liburan sekalian datang kesini, bersama teman untuk melihat replika Al-Quran besar yang ada di Museum,” bebernya.

Hamzah warga Purwosari Kudus turut memberikan penilaian terhadap Museum Gusjigang yang terkenal dengan sejarah Kabupaten Kudus. “Saya diajak teman, setelah datang disini tertarik dan bagus karena banyak sejarah Islam, dan ulama terdahulu,” jelasnya saat ditemui di Museum Gusjigang.

Penulis
Adam Naufaldo