Meski Berangsur Turun, New Normal Diminta Tetap Diterapkan

0

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kebiasaan baru atau sering disebut juga dengan istilah New Normal yakni kebiasaan masyarakat skala luas terhadap perilaku hidup sehat dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes). Utamanya istilah ini sering digunakan ketika wabah pandemi Covid-19 menyebar.

Kebiasaan baru terhadap perilaku hidup sehat ini diharapkan terus dijaga dan dilakukan. Selain untuk menjaga dari paparan virus Covid-19, juga untuk menjaga kesehatan dari virus dan penyakit lainnya sesuai dengan program gerakan masyarakat sehat yang dipelopori oleh pemerintah pusat.

Fraksi NKRI DPRD Pati berharap adanya program yang mengarah pada pemeliharaan investasi sosial berupa Germas (Gerakan Masyarakat Sehat) yang sudah mulai mentradisi sejak wabah Covid-19 meluas di masyarakat.

“Harus ada program reguler, agar kebiasaan baik ini bisa berkelanjutan dan menjadi habitus masyarakat dalam keseharian, sekalipun wabah Covid-19 berangsur menurun,” ujar pandangan akhir fraksi NKRI terhadap laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2021.

Menurut fraksi NKRI, perilaku hidup sehat ini penting dilakukan. Pasalnya dengan gaya hidup baru tersebut sebagai upaya antisipatif yang tidak saja sebatas aksi tindakan pasca adanya wabah atau penyakit.

“Hal ini penting agar program kesehatan untuk warga tidak hanya bersifat kuratif melainkan juga preventif dan promotif,” pungkasnya.(adv)