Daerah Diminta Garap Sektor Pertanian dan Perikanan

0
Nelayan Desa Banyutowo tengah mendarat dari menyang (melaut)
Nelayan Desa Banyutowo tengah mendarat dari menyang (melaut)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sebagai Kabupaten yang berjuluk Bumi Mina Tani yaitu mempunyai potensi alam khususnya di sektor pertanian dan lautan (perikanan), Pemerintah Kabupaten Pati didorong untuk memaksimalkan potensi ini.

Hal itu disampaikan fraksi Nurani Keadilan Rakyat Indonesia (NKRI) DPRD Kabupaten Pati menanggapi pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2021 pada rapat paripurna belum lama ini.

“Kami berharap Pemerintah Kabupaten Pati merevitalisasi sektor primer, yakni sektor pertanian dan perikanan (petani dan nelayan),” bunyi fraksi NKRI dalam laporan tertulisnya.

Kedua sektor itu adalah mayoritas profesi di Kabupaten Pati. Ketika digarap secara konsen akan meningkatkan perekonomian masyarakat serta secara luas mampu menyumbang bagi pendapatan daerah (PAD).

Di sisi lain, fraksi NKRI juga menilai perlu adanya pengembangan iklim industrialisasi di Pati. Tujuannya adalah untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat lokal.

“Serta meningkatkan pertumbuhan sektor manufaktur terutama dalam hal mendorong investasi untuk industri inklusif atau industri yang dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar,” tambahnya.(adv)