Kemenag Pati Tasarufkan Lima Ekor Sapi

0
23
KPRI Barokah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pati tasarufkan lima ekor sapi
KPRI Barokah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pati tasarufkan lima ekor sapi

SAMIN-NEWS.com, PATI – KPRI Barokah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pati menyalurkan lima ternak sapi ke masyarakat pada momen hari qurban Idul Adha tahun 2022. Penyerahan simbolis dilakukan di kantor Kemenag Pati, Jumat (8/7/2022).

Ketua KPRI Barokah Kemenag Pati, Agus Suseno mengatakan kegiatan ini merupakan agenda rutin tiap tahun. Sementara Idul Adha tahun ini Kemenag menyalurkan lima ekor sapi.

“Kelima ekor sapi itu kita tasarufkan ke Masjid Porang-paring Golilo, ke Masjid Gunungsari Batangan, Masjid Sentul Cluwak, Masjid Gambiran Margorejo serta kelima Ponpes Nurul Hikmah Pasucen Trangkil,” kata Agus.

Program tasaruf qurban setiap tahun oleh Kemenag Pati selalu meningkat. Di mana tahun 2021 kemarin berjumlah 4 ekor sapi dan tahun sebelumnya cuma 3 ekor sapi.
Untuk saat ini masih dalam kondisi wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), menurutnya sapi-sapi tersebut telah diperiksa oleh stakeholder terkait yaitu dari Dinas Pertanian (Dispertan).

Ia mengungkapkan berdasarkan dari pemeriksaan yang dilakukan Dispertan itu sapi tersebut dinyatakan layak untuk diqurbankan.

“Mudah-mudahan setiap tahun kita bisa mentaaarufkan hewan qurban ke masyarakat serta semoga bisa bertambah jumlahnya,” jelasnya.

Dengan agenda ini, ia berharap bisa membantu masyarakat utamanya bagi desa-desa di pelosok. Misalnya ia menyebut Desa Porang-paring di ujung selatan, Desa Sentul di ujung utara. “Serta momen hari raya idul Adha bisa dirayakan dan dinikmati secara bersama,” pungkas Agus.