Jamaah Haji Asal Pati Tiba di Pendopo Sabtu 16 Juli

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah pada Kementerian Agama Kabupaten Pati, Abdul Hamid

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kepala Seksi Pengelola Haji dan Umrah pada Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pati, Abdul Hamid mengatakan jamaah haji saat ini tinggal menunaikan satu syarat wajib lagi yakni Tawaf Wada’ yang dilaksanakan pada Kamis malam Jumat.

Seusai pelaksanaan Tawaf Wada’ itu, jamaah haji siap berkemas menuju Jeddah untuk persiapan kepulangan ke tanah air. Ia menyebut jamaah Haji asal Pati akan pulang ke tanah air pada Kamis 14/7/2022 atau seusai pelaksanaan Tawaf tadi.

“Para jamaah setibanya nanti di embarkasi tidak ada lagi test PCR, akan tetapi disiapkan Termo Scan. Apabila terdapat jamaah yang suhunya di atas 37.5 akan diobservasi di poli asrama haji dan akan di periksa lebih lanjut untuk diantigen maupun PCR,” kata Hamid, Rabu (13/7/2022).

Menurutnya penerbangan nanti apabila tidak ada perubahan, maka para jamaah akan terbang dari Jeddah dan akan transit di Medan. Dan ia memperkirakan jamaah asal Pati akan tiba pada Sabtu (16/7/2022).

Hamid menuturkan bahwa para jamaah tersebut sesuai jadwal kepulangan untuk kloter soc-1 akan tiba di kota Bumi Mina Tani pada Sabtu, 16/07/2022 pukul 04.30 WIB. Sementara untuk kloter soc-2 tiba di Pati pada sabtu, 16/07/2022 pukul 12.00 WIB.

Jumlah jamaah kloter 1 sebanyak 356 sedangkan kloter 2 sejumlah 331 orang. Sesampainya di halaman Kabupaten Pati, jamaah langsung dijemput oleh keluarga. Penerimaan secara resmi oleh pemerintah setempat sekaligus reuni antar jamaah akan dilaksanakan pada Kamis 28 Juli 2022 mendatang.

“Pemulangan jemaah dari debarkasi ke Pati, akan kembali menggunakan bus sesuai nomor rombongan seperti ketika pemberangkatan, dan setibanya di halaman Kabupaten Pati, para jemaah akan langsung dijemput oleh keluarga, dan kegiatan itu pun tidak ada acara seremonial,” jelasnya.

Pihaknya mengungkapkan saat ini kondisi jamaah dalam keadaan sehat. Hanya saja dia mengakui ada beberapa jamaah yang sakit ringan, namun masih bisa ditangani di kloter tanpa harus dirujuk.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Tampak Panitia HMPS IAIN Kudus Sedang Menikmati Kebersamaannya dengan anak-anak Panti Asuhan Al Hasaniyah Kaliwungu Kudus, (Foto : Adam Naufaldo) Previous post Kegiatan Sosial HMPS TM dan HMPS AFI Kampus IAIN di Panti Asuhan Al Hasaniyah Kaliwungu Kudus
Next post Sejumlah Titik di Pati Kota Tergenang Banjir
Social profiles