Pangkalan SDN Tambakagung Raih Juara I Lomba Gudep Mantap Kwarcab Rembang

0

SAMIN-NEWS.com, REMBANG – Pangkalan Gudep SDN Tambakagung, Kaliori, Rembang di bawah pimpinan Kamabigus Kak Bambang Mulyono, S.Pd., sebagai Kagudep 09-15 Kak Moh Asrori, S.Pd dan Gudep 09-16 sebagai Kagudep Kak Supriyanti, M.Pd berhasil meraih juara I dalam kegiatan Gudep Mantap yang diselenggarakan oleh Kwarcab Rembang.

Lomba Gudep Mantap ini diperuntukkan bagi semua tingkatan mulai dari SD, SMP hingga SMA. Adapun waktu penilaian Gudep Mantap ini dilaksanakan pada bulan April 2022.

Kagudep 09-16, Supriyanti menjelaskan para peserta harus mampu menunjukkan dokumen penilaian serta bukti fisik yang telah ditetapkan dari Kwartir Cabang yang meliputi beberapa komponen.

Komponen tersebut di antaranya Managemen dan Administrasi Sumber Daya Manusia, Keuangan dan Sarana Prasarana, Kegiatan, Proses Pencapaian SKU, SKK dan Prestasi, Kemitraaan dan Kehumasan. Setelah itu, dokumen portofolio dikirim ke Kwarcab, nantinya akan dipilih 3 besar untuk melakukan visitasi.

Visitasi ini bertujuan untuk memverifikasi dengan dokumen (instrument) penilaian Gudep Mantap yang ada dengan kondisi riilnya, serta bukti fisik yang telah dilaksanakan dalam jangka waktu 2 tahun.

Tim penilai dari Kwarcab yang melakukan visitasi ke Pangkalan SDN Tambakagung terdiri 5 orang yaitu Kak Asiah, Kak Ida, Kak Ali, Kak Rasdadik dan Kak Kurniawan.

Kak Rasdadik selaku Ketua Tim dalam sambutannya menyampaikan bahwa Penilaian Gudep Mantap adalah tolak ukur kegiatan Pramuka itu aktif, tertib, berkualitas dan berprestasi.

“Gugus Depan Mantap merupakan satuan pendidikan bagi peserta didik yang menjalankan peran dan fungsinya sesuai dengan aturan Gugus Depan dan layanan kepada peserta didik,” katanya.

Sementara Kak Bambang Mulyono, S.Pd sebagai Kamabigus sekaligus Kepala Sekolah SDN Tambakagung berharap dengan adanya lomba Gudep Mantap ini Gugus Depan pangkan SDN Tambakagung berdampak positif kepada anak didik.

“Dari sisi sikap, karakter, prestasi mampu melahirkan generasi bangsa yang handal, cerdas dan bertaqwa sesuai dengan nilai-nilai yang ada pada isi Dasa Dharma Pramuka,” ungkapnya.

Dengan berhasil meraih juara pada Gudep Mantap tingkat Kwarcab maka perlu mempersiapkan kembali untuk mengikuti lomba Gudep Mantap pada tingkat Kwarda Jawa Tengah tahun 2022.