Fraksi Gerindra Minta Pemda Maksimalkan Penyerapan Anggaran Kesehatan dan Pendidikan

0
18
Ilustrasi siswa sedang keluar dari dalam kelas
Ilustrasi siswa sedang keluar dari dalam kelas

SAMIN-NEWS.com, PATI – Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) DPRD Kabupaten Pati meminta kepada Pemerintah Daerah untuk meningkatkan pelayanan bidang kesehatan dan pendidikan.

Hal tersebut menanggapi laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2021 yang dibahas pada sidang paripurna di Ruang Paripurna DPRD setempat pada Rabu (8/6/2022).

Paripurna DPRD itu digelar setelah sebelumnya, semua anggota DPRD dari masing-masing fraksi mendengarkan laporan pertanggungjawaban APBD yang disampaikan oleh Bupati Pati, Haryanto kala itu.

Dari penjelasan yang disampaikan oleh Bupati Pati tersebut, Fraksi Gerindra mengapresiasi kepada Pemda atas realisasi belanja daerah sebesar 93,98 persen dari target yang dicanangkan.

“Kami berharap penyerapan anggaran belanja modal kesehatan dan pendidikan dalam rangka pemenuhan kebutuhan masyarakat di dua bidang tersebut agar lebih dimaksimalkan,” ungkap Fraksi Partai Gerindra dalam laporan tertulisnya.

Dalam laporan itu dijelaskan mengapa di dua bidang itu perlu mendapat fokus perhatian, karena berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu yang menjadi dasar pemberian Dana Insentif Daerah tahun 2022, kinerja keuangan di bidang kesehatan dan pendidikan masih kurang/belum memenuhi.

Bidang kesehatan dan pendidikan di Kabupaten Pati bisa dibilang tahun 2021 kemarin adalah tahun yang punya pekerjaan berat. Pasalnya keduanya terdampak pandemi Covid-19 yang sudah tentu berkait dengan kesehatan masyarakat maupun pembelajaran dilaksanakan melalui daring.(adv)