TMMD Sengkuyung Tahap I Dibuka di Desa Sumberejo, Jaken

0
64
Bupati Haryanto secara simbolis meletakkan batu untuk pembangunan talud dalam pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2022 di Desa Sumberejo, Kecamatan Jaken, Rabu (11/Mei) 2022 hari ini.(Foto/SN-dok-zam)
Bupati Haryanto secara simbolis meletakkan batu untuk pembangunan talud dalam pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2022 di Desa Sumberejo, Kecamatan Jaken, Rabu (11/Mei) 2022 hari ini.(Foto/SN-dok-zam)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Bupati Haryanto bersama Dandim 0718 Pati Letkol Inf Catur Irawan, Rabu (11/Mei) 2022 hari ini membuka pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I yang dipusatkan di Desa Sumberejo, Kecamatan Jaken, dan program yang sama tahun ini juga digulirkan di Desa Grogolan, Kecamatan Dukuhseti.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut, papar salah seorang tokoh warga desa setempat, Zamaksari, adalah Kapolres Pati, AKBP Christian Tobing.  Pembukaan pelaksanaan program tersebut dengan tema ”TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI yang akan berlangsung hingga awal Juni 2022 mendatang, dipusatkan di Balai Desa Sumberejo.

Berikutnya rombongan Forkopimda  meninjau lokasi sasaran, utamanya pembuatan talud jalan sepanjang 2.500 yang didahului dengan prakegiatan yang sudah berjalan sekitar satu setengah bulan lalu. Sebab, selain pembuatan talud sepanjang itu juga dilaksanakan pembuatan jalan makadam antara Desa Sumberejo – Desa Sokorukun sepanjang 1.250 meter,”paparnya.

Selain itu, lanjutnya, dalam pelaksanaan program itu juga dilaksanakan pemugaran rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 7 unit. Tak ketinggalan, masalah penghijauan tanaman keras juga dilaksanakan, serta pengembangan budidaya ikan nila air tawar, sehingga diharapkan ke depannya warga bisa mencontoh budidaya tersebut.

Adapun yang berkait dengan sumber dana dalam pelaksanaan program TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2022 ini, selain dari APBD Kabupaten Pati Tahun 2022 sebesar Rp 99.941.000 juga dari bantuan APBD Provinsi Jawa Tengah Rp 170 juta. Selebihnya dari Dispermades Kabupaten Pati sebesar Rp 65 juta, dan swadaya masyarakat Rp 55 juta.

Ditambahkan, sesuai petunjuk Bupati Haryanto kendati jalan makadam sebagai penghubung antar Desa Sumberejo-Sokorukun dibangun TMMD, tapi kelanjutannya masih bisa dilakukan. ”Yakni, bisa diteruskan dengan skala prioritas menggunakan dana desa (DD), agar tidak berhenti dan terbengkalai,”ujarnya.