Tiga Perenang Asing Sukses Arungi Laut Karimunjawa-Jepara

Gantiel Gillen, Lorenz Gillen dan Khalid Mahalatti, tiga pereang asing sukses arungi laut Karimunjawa-Jepara.(Foto:SN/dok-hp)

SAMIN-NEWS.com, JEPARA – Tiga perenang asing, Gantiel Gillen (Belgia), Lorenz Gillen (Belgia), dan Khalid Mahalatti (Denmark) sukses mengarungi laut Karimunjawa – Jepara. Hal tersebut berlangsung dalam even ”90 Kilometer Java Sea Swim” yang akhirnya berhasil mendarat dengan selamat di Pantai Tegalsambi Jepara, Minggu (8/Mei) 2022 kemarin.

Ketiga perenang ini berangkat dari Pantai Bobby Karimunjawa Jumat (6/Mei) 2022 pukul 14.00 WIB dengan menempuh jarak 90 kilometer dalam waktu 47 jam. Hal tersebut dilakukan secara estafet tiap lima kilometer.

Kedatangan ketiganya ini disambut Dirjen Pengendalian Pencemaran Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Sigit Reliantoro, Kapolres AKBP Warsono, Kasdim 0719 Jepara Mayor Arm Syarifudin. Selain itu tampak hadir pula dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua DPRD Pratikno, Kadisparbud Zamroni Lestiaza, Kadis Kominfo Arif Darmawan, dan juga kader Parati Nasdem serta Komunitas Sahabat Lestari Jepara.

Gantiel Gillen, Lorenz Gillen dan Khalid Mahalatti disambut hangat saat mendarat di pantai Tegalsambi, Minggu (8/Mei) 2022 kemarin.(Foto;SN/dok-hp)
Gantiel Gillen, Lorenz Gillen dan Khalid Mahalatti disambut hangat saat mendarat di pantai Tegalsambi, Minggu (8/Mei) 2022 kemarin.(Foto;SN/dok-hp)

Sebelum itu, ketiganya telah disambut oleh para atlet renang Jepara yang kemudian mengiring mereka berenang dari jarak sekitar 700 meter dari bibir pantai Ocean View Tegalsambi. Mereka disambut dengan tepuk tangan meriah oleh warga yang menyaksikan, serta dilakukan pengalungan bunga oleh Dirjen Pengendalian Pencemaran Lingkungan KLH Sigit Reliantoro, Wakil Ketua DPRD Pratikno dan Ketua Komisi C DPRD Jepara, Nur Hidayat juga disambut tarian khusus, Rara Ngigel yang dibawakan Sianita.

Dirjen Pengendalian Pencemaran Lingkungan KLH Sigit Reliantoro menyampaikan, Kementerian LH memberikan apresiasi terhadap tiga perenang yang telah mengkampanyekan kelestarian lingkungan laut. ”Ini patut menjadi motivasi kita bersama,”ujarnya. ”Kelestarian lingkungan harus menjadi gerakan bersama,”tambahnya.

Gentiel Gillen, Lorenz Gillen, dan Khalid Mahalatti sampai di Pantai Tegalsambi.(Foto:SN/dok-hp) 
Gentiel Gillen, Lorenz Gillen, dan Khalid Mahalatti sampai di Pantai Tegalsambi.(Foto:SN/dok-hp)

Sementara Kapolres Jepara AKBP Warsono menilai apa yang dilakukan oleh ketiga perenang asing tersebut bisa menjadi contoh para atlet renang Jepara dan juga masyarakat lainnya. ”Laut yang bersih tentu akan menjadi daya tarik wisatawan,”ujarnya.

Pernyataan sama juga disampaikan Wakil Ketua DPRD Jepara, Pratikno dan Kepala Disparbud Zamroni Lestiaza. ”Pemerintah dan warga harus bergerak bersama untuk menjaga kelestarian alam,”tandasnya. Sedangkan Zamroni Lestiaza mengungkapkan bahwa potensi wisata yang terbesar adalah lautan. ”Karena itu, menjaga laut adalah memastikan masa depan,”tambahnya.

Gentiel Gillen pun mengucapkan terima kasih karena ada dukungan dan penyambutan yang hangat berkait apa yang mereka lakukan.”Kami hanya mencoba mengingatkan kita semua untuk menjaga kebersiah pantai, utamanya dari sampah plastik,”ujarnya.(hp)

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Kapolres Jepara AKBP Warsono SH SIK MH didampingi Wakapolres saat melakukan patroli.(Foto:SN/dok-hp) Previous post Kapolres Jepara; Waspadai Wisata Laut di Puncak Pekan Syawalan Hari Ini
Next post Membuka Peluang Bagi Investor Asing; Penyediaan Lahan dengan Sistem Tukar Guling Bukan Halangan
Social profiles