Kapolres Jepara; Waspadai Wisata Laut di Puncak Pekan Syawalan Hari Ini

0
36
Kapolres Jepara AKBP Warsono SH SIK MH didampingi Wakapolres saat melakukan patroli.(Foto:SN/dok-hp)
Kapolres Jepara AKBP Warsono SH SIK MH didampingi Wakapolres saat melakukan patroli.(Foto:SN/dok-hp)

SAMIN-NEWS.com, JEPARA – Kapolres Jepara AKBP Warsono SH SIK MH mengingatkan semua pihak, utamanya para pengunjung di puncak Pekan Syawalan, Senin (9/Mei) 2022 hari ini. Yakni, untuk tetap berhati-hati saat menikmati wisata laut.

Hal itu disampaikan usai melakukan patroli di sejumlah objek wisata, Minggu (8/Mei) 2022 kemarin pagi. Saat itu Kapolres didampingi Wakapolres dan pejabat utama lainnya.

Menurutnya, puncak Pekan Syawalan yang ditandai prosesi budaya larungan akan mampu menyedot puluhan ribu pengunjung yang tersebar di beberapa objek wisata laut. ”Apalagi dalam dua tahun sebelumnya acara lomban ini tidak diadakan secara terbuka karena pandemi Covid-19,”ujarnya.

Di sisi lain ia juga menyampaikan, sejumlah titik rawan yang harus diperhatikan oleh pengunjung, yaitu mulai batas mandi di laut, kapasitas maksimal perahu hingga alat keselamatan, seperti pelampung. Karena itu, ia minta kepada petugas yang melaksanakan pengawasan dan pengamanan di tempat kenaikan pengunjung agar bersikap tegas.

”Selain itu, setiap anak yang mandi laut jangan sampai lepas dari pengawasan orang tuanya,”tandas Warsono.

Saat melakukan patroli, Kapolres Jepara juga menghampiri kapal nelayan di tengah laut agar mereka menggunakan alat keselamatan. Selain itu kepada mereka juga diingatkan kapal wisata yang melakukan penyeberangan ke Pulau Panjang, para penumpangnya harus menggunakan life jacket.

Selebihnya ia juga minta seluruh jajaran Polsek di masing-masing kecamatan  untuk memantau dan melakukan pengamanan. ”Utamanya di kawasan objek wisata,”imbuhnya.(hp)