Resmi, UPTD RSUD RAA Soewondo Pati memiliki Layanan Bedah Onkologi dan Kemoterapi

0
35
Sambutan direktur RSUD Soewondo
Sambutan direktur RSUD Soewondo

SAMIN-NEWS.com, PATI – UPTD RSUD RAA Soewondo Pati memiliki layanan bedah Onkologi dan Kemoterapi yang diresmikan pada Rabu 25 Mei 2022.

Bertempat di ruang rapat Seruni gedung baru lantai 4 Bupati Pati Haryanto hadir dalam meresmikan dibukanya layanan bedah Onkologi dan Kemoterapi.

Pemotongan pita oleh bupati dan wakil bupati pati
Pemotongan pita oleh bupati dan wakil bupati pati

Hadir dalam acara tersebut Direktur UPTD RSUD RAA Soewondo, Direktur Pelayanan Kesehatan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Dinas Kesehatan Kabupaten Pati dan Pejabat terkait.

Dengan dibukanya layanan bedah Onkologi dan Kemoterapi, menjadikan UPTD RSUD RAA Soewondo sebagai rujukan penyakit kanker dari beberapa rumah sakit di sekitaran Pati yang notabene belum mempunyai layanan tersebut, seperti rumah sakit yang ada di Kudus, Rembang, Jepara dan Blora.

Hal itu ditegaskan oleh Edi Siswanto selaku Direktur UPTD RSUD RAA Soewondo dalam sambutannya, bahwa layanan bedah Onkologi dan Kemoterapi menjadikan UPTD RSUD RAA Soewondo rujukan dari beberapa daerah disekitar Pati.

“Dengan dibukanya layanan Bedah Onkologi dan Kemoterapi menjadikan RSUD Soewondo Rujukan Rumah Sakit apabila ada pasiennya ada yang memiliki penyakit kanker. Jadi tidak perlu jauh-jauh ke Semarang untuk beobat,” ucap Edi.

Beliau menambahkan, Jawa Tengah merupakan penyumbang pasien kanker nomor 2 di Indonesia, Jadi pelayanan ini memiliki fungsi yang sangat baik dalam rangka mengobati penyakit kanker.

“Sebagaimana kita ketahui, pasien kanker di Jawa tengah menempati posisi terbanyak 2 Se-Indonesia, sehingga layanan bedah Onkologi dan Kemoterapi diharapkan bisa memberikan harapan para penderita kanker dalam proses penyembuhan,” tegasnya.

Siti Halimah selaku Direktur Kemenkes RI yang dalam sambutannya mengungkapkan, dengan dibukanya layanan bedah Onkologi dan Kemoterapi UPTD RSUD RAA Soewondo turut membantu pemerintah dalam membuka layanan 9 penyakit prioritas yang salahsatunya adalah kanker.

“Tentunya dengan dibukanya layanan ini, menjadikan RSUD Soewondo membantu pemerintah dalam rangka memberikan pelayanan terhadap 9 penyakit prioritas yang di dalamnya ada kanker,” Tegas Siti.

Penulis
A. Faizun Hakim