Persiapan Menjelang Lomban Kupatan Tayu

Kapolsek Tayu, Iptu Aris Pristianto (kanan) saat berkoordinasi dengan Kepala Desa Sambiroto, Sulistiono (kiri) terkait dengan persiapan Lomban Kupatan Tayu

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kepala dan kaki kambing disiapkan Pemerintah Desa Sambiroto, Kecamatan Tayu dalam kegiatan puncak lebaran Idul Fitri Lomban Kupatan yang rencananya digelar besok Selasa (10/5/2022).

Kepala Desa Sambiroto, Sulistiono mengatakan Lomban Kupatan pada tahun ini digelar secara sederhana. Ini dikarenakan saat ini masih dalam pembatasan kegiatan masyarakat. Sehingga tidak ada keramaian besar-besaran.

“Ndak ada acara keramaian seperti tahun-tahun sebelumnya. Belum boleh karena ini masih PPKM,” kata Sulistiono kepada Samin News, Senin (9/5/2022).

Dirinya menjelaskan Lomban Kupatan itu digelar Selasa besok dimulai pukul 08.00 dengan bentuk memberi sesajen. Diiringi doa dan manaqiban. Menurutnya, kegiatan ini dilakukan simbolis melestarikan tradisi.Karena bagaimana pun juga ini sebagai bentuk ungkapan rasa syukur masyarakat pesisir khususnya warga Desa Sambiroto.

Sementara itu, Kapolsek Tayu, Iptu Aris Pristianto SH, MH, menambahkan pihaknya tetap melakukan persiapan untuk mengamankan kegiatan Lomban Kupatan.

“Tadi pagi bersama dengan anggota mengunjungi lokasi untuk tempat doa manaqib di pinggir kali Tayu. Kemudian siangnya pukul 13.00 wib memastikan tempat di TPI Tayu untuk kegiatan organ tunggal,” ujarnya.

Pihaknya mengungkapkan karena perayaan lomban tahun ini tidak ada keramaian seperti sebelum pandemi, jadi tidak ada persiapan khusus yang dilakukan aparat.

“Acara pagi doa manaqib dengan persembahan Kepala Kambing tidak dilarung tetapi diikat yang dihadiri 20 orang dari tokoh agama, tokoh masyarakat dan perangkat desa. Sementara kegiatan organ tunggal atau siangnya hanya untuk mengisi kegiatan hiburan ala kadarnya,” tutupnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Rombongan saat menurunkan sesaji dari atas kapal untuk selanjutnya sesaji tersebut dilarung ke laut.(Foto:SN/dok-hp) Previous post Lomban di Jepara Meriah; Berharap Penghasilan Nelayan Membaik
Next post Lebaran Idul Fitri Berkah Bagi UMKM Plaza Pragolo
Social profiles