Kerupuk Cumi dan Tengiri Olahan Warga Juwana Laris Jadi Oleh-oleh Lebaran

0
36
Salah satu produk kerupuk seafood Industri Kecil Menengah (IKM) Hastika Sari
Salah satu produk kerupuk seafood Industri Kecil Menengah (IKM) Hastika Sari

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kecamatan Juwana tempatnya makanan laut (seafood). Bukan hanya terkenal dengan olahan ikan bandeng. Tetapi seafood itu oleh Lelayu Ningsih, Warga Desa Bendar diolah menjadi makanan camilan ringan berupa kerupuk seafood.

Usaha yang telah ia tekuni sejak 2012 itu, kini produk-produknya banyak diminati masyarakat. Apalagi ditambah dengan lebaran Idul Fitri tahun ini banyak pemesan.

Usaha seafoodnya itu ia beri nama Hastika Sari. Di tempat usahanya tersebut, pihaknya memproduksi bermacam-macam olahan, mulai dari kerupuk udang, kerupuk rajungan, cumi, tengiri dan lainnya dari bahan ikan laut.

“Lumayan ada peningkatan sekitar 20 persen, tetapi yang paling laku produk krupuk cumi dan krupuk tengiri,” ungkap Ningsih, Sabtu (21/5/2022).

Dia menjelaskan, produk Hastika Sari tersebut terjual hingga ke pusat Oleh-oleh Kampung Semarang. Di samping itu, pemesan juga banyak dari warga lokal untuk buah tangan lebaran.

Ningsih menjelaskan peningkatan penjualan produk krupuk seafood yang ia olah itu dikarenakan pas lebaran, banyak yang buat oleh-oleh mudik buat keluarga di kampung halaman.

Dengan tetap mempertahankan kualitas, walaupun saat harga bahan baku tinggi disertai dengan promisi dia berharap produk-produk kerupuk seafoodnya itu semakin berkembang dan mampu mendongkrak omsetmya.(adv)