Simulasi Uji Coba Rekayasa LL di Juwana Timbulkan Kemacetan

0
Uji coba rekayasa lalulintas dimulai dari perempatan Alun-alun Juwana berkait dengan akan dibongkarnya Jembatan Juwana I, Semarang-Surabaya atau di antara Desa Kauman-Bumirejo, Kecamatan Juwana, Kamis (21/April) 2022 tadi pagi.(Foto:SN/dok-no)
Uji coba rekayasa lalulintas dimulai dari perempatan Alun-alun Juwana berkait dengan akan dibongkarnya Jembatan Juwana I, Semarang-Surabaya atau di antara Desa Kauman-Bumirejo, Kecamatan Juwana, Kamis (21/April) 2022 tadi pagi.(Foto:SN/dok-no)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kekhawatiran akan ancaman terjadinya macet di jalur pantai utara (Pantura) Jawa Tengah antara Juwana-Rembang, Kamis (21/April) 2022 tadi pagi akhirnya dilakukan simulasi uji coba rekayasa lalulintas. Akan tetapi dengan pelaksanaan uji coba yang dimulai pukul 06.30 s/d 09.30 tersebut, saat baru berlangsung sekitar 15 menit saja sudah terjadi kemacetan total dan mengular.

Sedangkan simulasi tersebut berkait dengan rencana akan dibongkar dan dibangunnya jembatan besar Juwana I, sepanjang 100 meter di KM 12 Pati-Rembang. Tepatnya antara Desa Kauman, Doropayung dengan Desa Bumirejo, Kecamatan Juwana yang rencana pembangunannya akan mulai dilaksanakan selesai Lebaran mendatang, di mana sebelumnya atau Selasa (19/April) 2022 lalu telah berlangsung rapat koordinasi yang dipimpin langsung Bupati Haryanto.

Hadir dalam simulasi uji coba rekayasa lalulintas tersebut, papar Kepala Seksi (Kasie) Humas Polres Pati, AKP Sukarno, selain Kabag Ops Kompol Sugino SH MH juga Kasubbag Kerma Bag Ops Iptu darmin SH, dan KBO Satlantas Polres Pati Ipda Muslimin. Sedangkan dari dari Dishub, selain Kepala Dushub Kabupaten Pati, Teguh Widyatmoko AP MSi bersama Sekretaris Eko Budi Santosa SSt MM, serta Kabid Lalulintas Andrik Sulaksono.

Selebihnya ada unsur perwakilan dari DPUPR, yaitu Sekretaris OPD yang bersangkutan Kristina Inti ST beserta staf dan Kasatpol PP Sugiyono AP MSi serta Forkopimcam Juwana. Sedangkan yang hadir lainnya adalah Kepala Desa Bumirejo, Kedungpancing dan Tluwah, serta Satker PJN Wil 3 Jateng Kementrian PUPR Yuli Ardikayana ST dan Roi Setiawan ST MT.

Kemacetan saat berlangsung simulasi rekaya lalulintas di Juwana.
Kemacetan saat berlangsung simulasi rekaya lalulintas di Juwana.

Dalam simulasi uji coba tersebut, lanjutnya, diasumsikan telah dibongkarnya Jembatan Juwana di jalur pantura Jawa Tengah yang menghubungkan Semarang-Surabaya sehingga arus lalulintas dari barat  harus dialihkan melalui lingkar Juwana (Contra flow). Yakni, dari perempatan Alun-alun Juwana belok kanan (selatan) masuk ke Jl P Sudirman, selama kurang lebih 15 menit.

Setelah dilakukan pengalihan arus lalu lintas dari barat (Semarang), maka terjadilah kemacetan total mengular sampai sekitar Jembatan Sigelap. Karena itu, simulasi uji tersebut tentu tidak dilanjutkan, dan untuk mengurai kembali arus lalu lintas itu membutuhkan waktu hampir 1,5 jam, maka dilakukanlah kembali koordinasi awal yang dipimpin Kabag Ops Polres Pati, Kompol Sugino SH MH, di dalam ruang Pospol Juwana.

Berkait hal tersebut, hadir semua perwakilan terkait dalam simulasi itu dengan beberapa kesimpulan bahwa rencana rekayasa lalulintas karena pembongkaran Jembatan Juwana sangat tidak mungkin dilakukan. Hal itu terbukti, setelah uji coba pengalihan arus lalu lintas dilakukan selama 15 menit saja sudah terjadi kemacetan total.

Ketika hal itu dilakukan konfirmasi kepada pihak pelaksana, ternyata dalam pembangunan jembatan tersebut belum dilakukan Andalalin. ”Selanjutnya disarankan agar pihak pelaksana segera mengajukan Andalalin, agar permasalahannya bisa dikaji secara detail, termasuk perhitungan tarikan dan bangkitan arus lalu lintas bisa dihitung secara rinci,”imbuhnya.