Semangat Kartini Jadi Inspirasi Perempuan Masa Kini

0
86
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Muntamah
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Muntamah

SAMIN-NEWS.com, PATI – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Muntamah turut memperingati Hari Kartini Tahun 2022. Baginya, Kartini adalah sosok perempuan yang tangguh dan hebat.

Menurut dewan dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, Raden Ajeng Kartini atau RA Kartini yakni sang pelopor emansipasi wanita di Indonesia dan Pahlawan Nasional Indonesia yang jasa dan perjuangannya selalu diperingati sebagai Hari Kartini setiap tanggal 21 April.

Situasi politik Hindia Belanda yang tidak menentu dan kuatnya pengaruh adat membuat perempuan pribumi menjadi terbelakang, terutama dalam hal pendidikan. Kala itu, perempuan hanya mengurusi urusan ‘domestik’ yakni urusan rumah tangga. Atau dikenal juga dengan istilah ‘Macak, Manak dan Masak’.

Dari sini Kartini memulai perjuangannya untuk membebaskan perempuan dari keterbelakangan pendidikan.

Dirinya mengatakan, posisi perempuan tak sebatas mengurusi urusan domestik tapi juga di ranah publik. Berkat perjuangan Kartini masa itu menjadi inspirasi perempuan masa kini untuk meraih cita-citanya.

“Kartini menginpirasi pada perempuan saat ini dalam konteks semangat perjuangannya. Berjuang untuk bisa sukses dalam peran domestik juga mampu berperan di ranah publik,” katanya, Kamis (21/4/2022).

Pihaknya mencontohkan, misalnya sebagai seorang ibu mampu mengantarkan anak-anaknya menjadi mewujudkan impiannya. Hingga kelak anaknya itu menjadi orang yang bermanfaat baik untuk agama, bangsa dan negara.(adv)