Disdagperin Temukan Bahan Pangan Hampir Kadaluwarsa saat Sidak di Pasar

0
38
Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) tengah melihat sejumlah bahan pangan di Pasar Puri Baru, Kamis (21/4/2022)
Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) tengah melihat sejumlah bahan pangan di Pasar Puri Baru, Kamis (21/4/2022)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati, Hadi Santosa mengatakan menemukan satu bahan pangan yang kondisinya hampir kadaluwarsa.

Itu diketahui saat melakukan inspeksi mendadak (Sidak) atau pengecekan ketersediaan stok dan harga pangan di Pasar Puri Baru dan sejumlah toko modern guna memastikan kemampuan dalam memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadhan dan lebaran terpenuhi.

Hasil kegiatan pengecekan stok pangan bersama anggotanya itu, Disdagperin juga melakukan pengecekan kelayakan pangan. Dijelaskan, Disdagperin tak menemui bahan pangan atau makanan yang kadaluwarsa. Hanya saja, waktu kadaluwarsa itu tinggal menyisakan beberapa hari lagi.

“Untuk makanan tidak ditemukan yang kadaluwarsa, termasuk (bahan pangan) yang dibuat parcel. Namun ada yang tinggal satu bulan lagi,” kata Hadi kepada Samin News, Kamis (21/4/2022).

Terkait dengan temuan bahan pangan hampir kadaluwarsa ini, Disdagperin temukan di Pasar Puri Baru. Atas temuannya itu, Hadi meminta kepada pedagang agar lebih teliti serta mewaspadai keamanan makanan.

Hadi juga mengingatkan kepada pedagang, karena pada waktunya nanti barang yang sudah kadaluwarsa ini harus ditarik dari peredaran.

Dirinya mengungkapkan, pengecekan yang dilakukannya ini guna memastikan keamanan suatu makanan. Termasuk menjelang lebaran konsumsi masyarakat naik. Oleh karenanya, ia berharap pedagang bisa lebih sadar menjaga kualitas makanan.

“Semoga para pedagang meningkat kesadarannya untuk selalu menjual makanan yang aman, tidak kadaluwarsa. Dan memberi rasa aman dan nyaman untuk mengkonsumsi makanan yang sehat,” pungkasnya.(adv)