Seluruh Paket Pekerjaan Jaringan Irigasi Bantuan Bank Dunia Selesai 100 Persen

0
53
Paket pekerjaan jaringan irigasi D.I Bendung Sumedang di Kecamatan Winong yang hari ini sudah dilakukan pemeriksaan terakhir, dan  dinyatakan tuntasa 100 persen.(Foto:SN/dok-gik)
Paket pekerjaan jaringan irigasi D.I Bendung Sumedang di Kecamatan Winong yang hari ini sudah dilakukan pemeriksaan terakhir, dan  dinyatakan tuntasa 100 persen.(Foto:SN/dok-gik)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Belajar dari kinerja rekanan paket pekerjaan Bendung dan Jaringan Irigasi (D.I) Tahun Anggaran 2021, pihak Bidang Sumber Daya Air (SDA) DPUPR Kabupaten Pati, keterlambatan penyelesaian paket pekerjaan tak ingin terulang. Karena itu, di Tahun Anggaran 2022 pihak PPKom bidang yang bersangkutan bersikap tegas.

Lelang pekerjaan tersebut sebanyak 9 paket juga dilakukan lebih awal, sehingga sampai pertengahan bulan ini (April) seluruhnya benar-benar sudah tuntas 100 persen. Tiga dari 9 paket pekerjaan yang sumber dananya berasal dari bantuan Bank Dunia (Loan) atau juga dikenal dengan proyek IPDMIP, Senin (18/April) 2022 hari ini dilakukan pemeriksaan terakhir ke lokasi.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Seksi (Kasie) Pemeliharaan Jaringan Bidang SDA DPUPR Kabupaten Pati, Upadito, bahwa ketiga paket pekerjaan yang dilakukan pemeriksaan terakhir dan dinyatakan sudah selesai 100 persen, dia di antaranya adalah DI yang ada di wilayah Kecamatan Winong. ”Masing-masing jaringan irigasi Bendung Cabean dan jaringan irigasi Bendung Sumedang,”ujarnya.

Sedangkan satu bendung lainnya yang juga dilakukan pemeriksaan terakhir hari ini, lanjutnya, adalah jaringan irigasi di Bendung Keden Tambakromo. Ketiga-ketiganya, setelah dilakukan pemeriksaan secara fisik di lokasi pekerjaan memang sudah selesai 100 persen, sehingga pihaknya tentu merasa lega dan berterimakasih kepada rekanan yang benar-benar bertanggung jawab dalam melaksanakan pekerjaan sesuai kontrak.

Sementara itu enam paket lainnya yang sudah terlebih dahulu mencapai 100 persen, selain jaringan irigasi Blado, di Desa Jimbaran, Kecamatan Margorejo juga jaringan irigasi Bendung Pandi, di Desa Ngawen, kecamatan setempat. Selebihnya ada jaringan irigasi di Bendung Sonorejo dan Lenggi, di wilayah Kecamatan Dukuhseti.

Dengan selesainya paket pekerjaan IPDMIP tersebut, kini akan segera disusul paket pekerjaan yang sama, tapi sumber dananya berbeda. ”Untuk paket rehabilitasi jaringan irigasi berikutnya di Tahun 2022, adalah menggunakan dana alokasi khusus (DAK), satu di antaranya adalah Bendung Brati, di wilayah Kecamatan kayen,”imbuhnya.