IKM Yuliati-Warno Juwana Tawarkan Wisata Batik Khas Pati

0
76

SAMIN-NEWS.com, PATI – Di Kecamatan Juwana sudah terkenal batik Bakaran, tetapi batik khas Pati ini juga diproduksi tersebar di desa-desa lainnya. Salah satunya di Desa Langgenharjo RT 7 RW 3. Di Desa Langgenharjo ini terdapat Industri Kecil Menengah (IKM) Batik Yuliati-Warno

IKM yang berada di Langgenharjo, Juwana ini mengusung konsep sebagai tempat wisata batik. Tujuannya agar pengunjung atau pembeli bisa melihat secara langsung proses produksi batik tersebut.

Pemilik IKM Wisata Batik Pati Yuliati-Warno, Tamzis Al Anas mengungkapkan, batik yang diproduksinya itu beragam. Di antaranya batik tulis, batik semi tulis, dan batik cap.

Penjualan produk batiknya tersebut cukup ramai peminat. Karena harga batik Yuliati Warno ini cukup murah menawarkan opsi pilihan harga. Batik miliknya kini sudah dipesan ke seluruh Indonesia, mulai dari Aceh, Kalimantan hingga Papua.

Dirinya menjelaskan daftar harga produk miliknya mulai dari Rp80 ribu s/d Rp2 juta. Harga yang ditawarkan ini yaitu peosuknya masih berupa kain. Pihaknya mengatakan, pada mulanya penjualan batik tinggi, tetapi sejak pandemi Covid-19 mulai menurun.

“Penjualan batik Yuliati-Warno di Plaza Pragolo saat ini belum stabil kembali seperti sebelumnya, ini karena pengaruh dari pandemi Covid-19,” terangnya.

Seiring perkembangan industri informasi terutama internet, dirinya juga memasarkan produk batik tulis buatannya lewat media sosial untuk mendongkrak penjualan. “Semoga wisata batik Pati menjadi pusat referensi pertama untuk edukasi membatik dan wisata belanja batik khas pati,” harapnya.(adv)