Pengembangan UMKM Digital Printing melalui Inovasi dan Teknologi Informasi guna Meningkatkan Daya Saing Pasar Bisnis

0
63
{"key":"al1"}

SAMIN-NEWS.com, Digital printing tidak hanya memberikan kesempatan pada pengembangan teknologi digital saja, namun juga memberikan potensial pada bidang ekonomi. Salah satunya pada usaha Digibook Promotion yang terletak di Jalan Raya Banaran No. 17, Sekaran, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang. Usaha yang ditawarkan di Digibook Promotion berorientasi pada pihak jasa yakni seperti percetakan, digital printing, jasa print UV, jasa grafir leser, merchandaise, souvenir kantor, gift dan barang promosi perusahaan. UMKM digital printing Digibook ini di dalam pemasarannya sudah mulai dikenal oleh masyarakat luas, walaupun tidak semua kalangan. Hal tersebut menjadi pendorong guna memasarkan lebih luas lagi hingga ke berbagai kalangan baik muda, tua, maupun masyarakat awam akan teknologi.

Upaya untuk memodernisasikan merupakan salah satu teknik marketing yang tepat bagi UMKM Digibook Promotion. Hal tersebut dikarenakan sebagaimana kita telah mengetahui di era yang serba digital saat ini, bisnis percetakan digital makin berkembang pesat. Bagi para pemilik usaha percetakan digital yang sudah dapat dipastikan persaingan makin ketat dan keuntungan akan berkurang. Terlebih lagi bagi mereka yang ingin memulai usaha percetakan digital, tentunya mereka akan berpikir dua kali untuk menjalankannya. Mempromosikan usaha percetakan dapat dilakukan secara offline ataupun online. Namun disini kita akan membahas cara promosi secara online, salah satunya yaitu pelaku UMKM ini dapat membuatkan website untuk usaha digital printing Digibook ini. Website diibaratkan sebagai tempat usaha di dunia maya, yang bertujuan untuk mendapatkan pelanggan atau pembeli secara online. Jika anda sudah memiliki usaha percetakan dalam bentuk fisik, website akan membantu mempromosikan usaha anda. Dimana website tersebut akan berisi produk, layanan/jasa, alamat & kontak usaha, testimoni, dan lain-lain. Selain website bisa juga membuat marketplace seperti shopee, lazada, tokopedia, dan yang lagi booming sekarang ini adalah tiktokshop. Dengan melakukan berbagai promosi tersebut diharapkan dapat membuat usaha semakin berkembang dan banyak yang mengetahui akan usaha ini.

Dari permasalahan tersebut kelompok kami bersama dengan mitra yaitu pelaku UMKM Digibook seperti owner dan tenaga kerja sepakat untuk melaksanakan pengembangan inovasi dengan memperbaiki strategi pemasaran yang mengikuti perkembangan zaman dimana saat ini masyarakat gemar berbelanja online atau mencari tahu mengenai suatu produk melalui internet, maka dari itu kami memanfaatkan UMKM Digibook Promotion untuk dapat mengembangkan usahanya lebih luas lagi. Oleh karena itu, tim kami akan memperkenalkan apa saja dan bagaimana strategi pemasaran melalui media sosial dengan maksimal. Dari tim kami telah menawarkan beberapa solusi sebagai berikut :

Sosialisasi mekanisme strategi pemasaran guna peningkatan penjualan ini perlu dilakukan oleh setiap pelaku usaha terutama di bidang digital printing. Adanya sosialisasi strategi pemasaran dapat menambah wawasan dan pengetahuan kepada para pelaku UMKM digital printing sehingga mengetahui langkah apa yang akan dilakukan dalam proses pemasaran nantinya.

Pembekalan inovasi terbaru kepada pelaku UMKM Digital Printing Digibook. Dengan adanya pembekalan inovasi terbaru mengenai berbagai macam teknologi terbaru mengenai digital printing kepada pelaku UMKM digital printing Digibook diharapkan dapat bermanfaat dan dapat diterapkan untuk perkembangan Digibook itu sendiri. Adanya inovasi teknologi digital printing, penyedia jasa cetak akan dapat meningkatkan kapasitas dari segi produksinya serta pemasukan yang otomatis akan bertambah. Proses pencetakan pun menjadi lebih mudah, cepat, dan ekonomi Adapun teknik printing digital inovasi yaitu teknik offset printing. Kemajuan teknologi mengharuskan semua pelaku industri merubah menjadi ke sistem digitalisasi termasuk industri percetakan dengan kepraktisan, kecepatan dan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Dimana teknologi inovasi ini sudah mampu untuk memenuhi permintaan cetak spanduk, poster brosur hingga flyer dan juga bisa mencetak kaos kampanye dengan volume besar.

Anggota TIM :
1. Adinda Rizki Nur Widia
2. Ananda Intan Laili Puspitasari
3. Lifia Rahayu
4. Meliana Sari
5. Tasya Tazkiyatun Nisa’
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG